Berita Kabupaten Lembata Terkini

Germen Membanggakan Desa Tubukrajan

Gerakan Menabung (Germen) yang dilaunching di SDK Kolilerek mengharumkan Desa Tubukrajan.

Germen Membanggakan Desa Tubukrajan
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Tiga anak ini memegang celengan berisi uang yang telah ditabung selama 3 bulan sejak Oktober lalu. Gambar diabadikan di aula SDK Kolilerek, Desa Tubukrajan, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, NTT, Sabtu (15/12/2018). 

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Gerakan Menabung (Germen) yang dilaunching di SDK Kolilerek mengharumkan Desa Tubukrajan. Ini juga membanggakan pemerintah dan masyarakat karena Germen bisa menjadi motivasi untuk membiayai pendidikan anak-anak.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Tubukrajan, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, NTT, Vinsensius Laba, ketika memberikan sambutan pada acara Launching Germen di aula sekolah itu, Sabtu (15/12/2018). Acara tersebut.

"Germen merupakan inovasi pendidikan dan akan sangat membantu masyarakat di desa ini. Sebagai pemerintah di desa ini, kami mendukung gerakan ini. Programnya akan mengharumkan dan membanggakan masyarakat Desa Tubukrajan pada hari-hari mendatang," ujar Kades Laba.

Paulus Belake Luncurkan Germen di SDK Kolilerek

Dikatakannya, membiasakan anak-anak untuk menabung, sebaiknya dilakukan sejak dini, ketika mereka masih duduk di bangku pendidikan sekolah dasar (SD). Pada saat seperti itu anak-anak lebih mudah dibimbing untuk melakukan hal yang baik demi masa depannya.

DI Kodi Mengatasi Kekurangan Air Lahan Pertanian yang Beririgasi di Sumba Barat Daya

Ketika mereka telah dibimbing untuk membiasakan hal yang baru tersebut, lanjut Kades Laba, maka orang tua/wali diharapkan memberikan dukungan penuh kepada anak-anak. Dukungan tersebut tentunya akan membantu sekolah untuk menyiapkan masa depan anak didiknya.

Menurut dia, Desa Tubukrajan telah dianugerakan Tuhan sebagai penghasil kemiri dan tanaman umur panjang lainnya. Dari tanaman tersebut, tentunya orang tua bisa mengajarkan anak-anak memanfaatkan waktu luang dengan memilih kemiri untuk dijual. Hasilnya penjualan kemiri bisa digunakan untuk menabung.

Dengan demikian, katanya, anak-anak bisa memanfaatkan masa liburan ini untuk hal tersebut. Orang tua pun diharapkan selalu memotivasi anak tentang pentingnya menabung demi masa depannya. "Saya minta orang tua/wali mendukung program sekolah untuk kebaikan anak-anak," ujarnya.

Dia juga memberi apresiasi atas sikap manajemen SDK Kolilerek yang menggandeng Kopdit Obor Mas dalam membiasakan anak-anak untuk menabung. Kiat sekolah tersebut patut ditiru karena sangat baik untuk mengubah kehidupan anak-anak pada masa yang akan datang. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Frans Krowin)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved