Berita NTT Terkini

Bendungan Rotiklot Tampung 3,30 Juta Meter Kubik! Ini Fungsinya

Bendungan Rotiklot yang terletak di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu, Provinsi NTT sudah dilakukan pengisian awal (impounding),

Bendungan Rotiklot Tampung 3,30 Juta Meter Kubik! Ini Fungsinya
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
TEKAN SIRENE--Dirjen SDA Kementerian PUPR, DR.Ir Hari Suprayogi, M.Eng bersama Wakil Gubernur NTT, Yosep Nae Soi dan Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan menekan tombol sirene sebagai tanda pengisian awal (Impounding) Bendungan Rotiklot di Belu, Kamis (13/12/2018) 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA---Bendungan Rotiklot yang terletak di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu, Provinsi NTT
sudah dilakukan pengisian awal (impounding), Kamis (13/12/2018). Daya tampung bendungan ini sebesar 3,30 juta meter kubik (m3).

Pengisian awal Bendungan Rotiklot ini dilakukan secara simbolis oleh Dirjen SDA Kemnterian PUPR, DR.Ir Hari Suprayogi, M.Eng bersama Wakil Gubernur NTT, Yosep Nae Soi, Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan dan Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT Andre Koreh. Turut menyaksikan, pejabat dari kementerian PUPR, pimpinan forkompinda plus Kabupaten Belu, pimpinan OPD, pejabat TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga.

Berdasarkan data teknis yang diperoleh Pos Kupang.Com menunjukkan, Bendung Rotiklot berada di daerah aliran sungai Mota Rotiklot, panjang sungai 06,41 kilometer dan luas daerah aliran sungai (DAS) 11,69 kilometer persegi (km2).

Daya tampung total bendungan ini sebesar 3,30 juta m3, luas genangan 29,91 hektare, tampungan efektif 2,33 juta m3. Bendungan ini bertipe pelimpahan samping dengan lebar pelimpahan 12 meter, panjang saluran 255,59 meter, tinggi bendungan 42, 50 meter, lebar puncak 10 meter, panjang puncak 415,82 meter.

Bendungan Rotiklot bermanfaat untuk penyediaan air lahan irigasi seluas 139 hektare padi dan 500 hektare palawija. Manfaat lainnya sebagai pengendalian banjir daerah hilir kawasan Ainiba serta suplai air baku untuk masyarakat dan pelabuhan Atapupu sebesar 40 liter/detik.

Pembangunan bendungan Rotiklot dikerjakan PT Nindya Karya (Persero) dan PT Universal Suryaprima (KSO) dengan konsultan supervisi PT Indra Karya (Persero), PT Patria Jasa Nusaprakarsa dan PT Agra Pasca Rencana KSO. Sumber dana APBN tahun anggaran 2015-2018 dengan nilai kontrak konstruksi Rp 496.970.000.000 (496,9 M) selama 1.110 hari kelender. Bendungan Rotiklot mulai dikerjakan akhir tahun 2015 dan selesai dikerjakan 14 Desember 2018. Masa pemeliharaan selama 365 hari.

Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan kepada wartawan mengatakan, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Belu menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatian dan dukungan sehingga dibangunnya bendungan besar di Kabupaten Belu.

Keberadaan bendungan Rotiklot bisa mengatasi kesulitan air bagi masyarakat Belu yang ada di sekitar bendungan sehingga masyarakat tidak lagi susah air.

Menurut Ose Luan, Pemerintah Kabupaten Belu akan menjaga dan merawat Bendungan tersebut. Kemudian pemerintah mendorong masyarakat agar mengotimalkan pemanfaatan lahan baik untuk persawahan maupun pertanian lainnya. Karena manfaat bendungan tersebut adalah untuk irigasi, tanaman palawija dan penyedian air baku. (jen).

Gubernur NTT Larang Polisi Tangkap Para Pembuat dan Penjual Miras Loka. Ini Alasannya

Kota Kupang Paling Banyak Kasus HIV /AIDS

Bendungan Rotiklot yang terletak di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi NTT.
Bendungan Rotiklot yang terletak di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi NTT. (POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas)
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved