Berita Kota Kupang

PDAM Kabupaten Belum Suplay Air untuk Pemkot Kupang

Kerjasama antara PDAM Kota Kupang dan PDAM Kabupaten Kupang rencananya akan digelar evaluasi perjanjian kerja sama dalam waktu dekat di bulan ini.

PDAM Kabupaten Belum Suplay Air untuk Pemkot Kupang
Pos Kupang.com/Yeni Rachmawaty
Plt Direktur PDAm Kota Kupang, Romi Seran 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG. COM | KUPANG -- Kerjasama antara PDAM Kota Kupang dan PDAM Kabupaten Kupang rencananya akan digelar evaluasi perjanjian kerja sama dalam waktu dekat di bulan ini.

Berdasarkan perjanjian kerja sama evaluasi dilakukan setiap enam bulan sekali. Evaluasi pertama sudah dilakukan dan saat ini akan dilakukan evaluasi kedua.

Plt Direktur PDAM Kabupaten, Romi Seran, kepada Pos Kupang, Kamis (13/12/2018), menyampaikan berdasarkan hasil evaluasi Agustus 2018, sejumlah klausul kerja sama yang telah disepakati oleh kedua belah pihak telah dilaksanakan.

Salah satunya adalah penambahan sambungan rumah (SR) dan perluasan jaringan oleh PDAM Kabupaten Kupang bagi warga Kota Kupang.

Namun, kata Romi, sebenarnya penambahan SR dan perluasan jaringan bukan hal prinsip yang disepakati. Karena itu memang hak bagi PDAM Kabupaten Kupang yang diberikan oleh Pemerintah Kota Kupang.

"Hal yang paling prinsip adalah PDAM Kabupaten Kupang harus menambah suplay air baku baru dari wilayah Kabupaten Kupang ke Kota Kupang. Suplay air inilah yang sampai dengan saat ini belum direalisasi. Nanti di rapat evaluasi baru kita mengetahui progres dan kendala-kendala yang dialami," tuturnya.

Hari Nusantara 2018! Meningkatkan Kerja Sama Pengelolaan Wilayah Laut dan Wilayah Perbatasan

Romi mengatakan sampai sekarang, PDAM Kabupaten Kupang belum melaksanakan tugasnya dengan menambah suplay air baku dari wilayah Kabupaten Kupang ke Kota Kupang. Oleh karena itu perlu menjadi bahan evaluasi.

Ia menjelaskan, alasan PDAM Kabupaten Kupang belum menambah suplay air baku baru bagi Kota Kupang, karena belum adanya anggaran.

Selain itu, jabatan pimpinan di PDAM Kabupaten Kupang masih bersifat sementara, usai direktur lama mengundurkan diri untuk maju pada Pilkada beberapa waktu lalu.

“Karena Direktur PDAM Kabupaten Kupang juga sama seperti Kota Kupang yaitu dijabat oleh penjabat sementara, sehingga ada kebijakan dan keputusan yang tidak bisa dilakukan penjabat sementara,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Romi, sesuai instruksi Walikota, maka PDAM Kota Kupang telah bersurat ke Pemerintah Kabupaten Kupang, terkait kewajiban prinsip PDAM Kabupaten Kupang untuk segera memenuhi kewajiban tersebut. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved