Berita Kabupaten Nagekeo

Warga Desa Ua Bersihkan Saluran Irigasi Bheto Ngendu yang Tertimbun Batu dan Lumpur

Banjir yang melanda pada wilayah hilir sungai berdampak sangat buruk sehingga mengalami banyak kerusakan.

Warga Desa Ua Bersihkan Saluran Irigasi Bheto Ngendu yang Tertimbun Batu dan Lumpur
Pos Kupang.com/Gordi Donafan
Suasana saat warga Desa Ua Kecamatan Mauponggo saat membersihkan material di irigasi Bheto Ngendu di Mauponggo, Selasa (11/12/2018)0 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY --Peristiwa tanah longsor dan banjir pada wilayah Kecamatan Mauponggo beberapa waktu yang lalu masih mengisahkan duka mendalam karena mengalami korban jiwa.

Selain menelan korban jiwa ada lagi bencana mengakibatkan kerusakan bendungan irigasi Bheto Ngendhu dan sejumlah lahan pertanian di Desa Ua.

Kejadian ini berada pada wilayah Desa Ua, Dusun Ua 1 Kecamatan Mauponggo.

Banjir yang melanda pada wilayah hilir sungai berdampak sangat buruk sehingga mengalami banyak kerusakan.

Semua tumpukan material batu, pasir dan kayu yang di bawah oleh banjir menutupi irigasi pertanian masyarakat di Desa Ua sehingga para petani mengalami kesulitan air dalam mengairi persawahan dan bahkan ada yang mengalami gagal panen.

Koordinator Kelompok Tani bendungan Bheto Ngedhu, Wolgang Jogo meminta beberapa warga Desa Ua untuk secara sukarela dan bersama-bersama membersihkan irigasi pertanian guna mendapatkan air sehingga bisa mengaliri sawah seluas kurang lebih 5 hektar diwilayah tersebut.

"Pekerjaan pembersihan irigasi yang dilakukan selama dua hari ini dari hari Senin dan Selasa belum mendapatkan hasil yg maksimal.

BREAKING NEWS ! Serangan DBD di Manggarai Barat Meluas ke Watu Wangka Mbeliling

Harapan masyarakat petani agar pihak pemerintah desa Ua maupun pemerintah Kecamatan Mauponggo menindaklanjuti ke pemerintah kabupaten mengenai persoalan kerusakan bendungan irigasi Bheto Ngendhu," ungkap Wolgang, kepada POS KUPANG.COM, di Mbay Rabu (12/12/2018).

Ia mengatakan sebanyak enam orang warga Desa Ua berinisiatif membersihkan material dalam irigasi. Pasir batu kecil ukuran sedang terdapa disanah dan juga lumpur yang menghambat air mengalir lewat irigasi.

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved