Berita Flores Timur Terkini

Ratusan Kades dan Pendamping Desa Ikut Evaluasi Program Inovasi Desa

Ratusan Kepala Desa di Flores Timur mengikuti rapat koordinasi dan evaluasi program inovasi desa Tahun 2018

Ratusan Kades dan Pendamping Desa Ikut Evaluasi Program Inovasi Desa
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Ratusan Kades dan Pendamping Desa mengikuti rakoor dan evaluasi program inovasi desa di aula OMK Keuskupan Larantuka Rabu (12/12/2018). 

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Ratusan Kepala Desa di Flores Timur mengikuti rapat koordinasi dan evaluasi program inovasi desa Tahun 2018 di Aula OMK Keuskupan Larantuka, Rabu (12/12/2018).

Rakoor tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli dihadiri Kepala BPMD Flotim Rufus Koda Teluma dan Ketua PKK Flotim Lusia B. Gege Hadjon.

Kepala BPMD Flotim dalam sambutan pembuka dibacakan oleh Kasi Teknologi Tepat Guna BPMD Zefirinus K.Lewoema menjelaskan latar belakang penyelenggaraan kegiatan hari itu.

TRIBUN WIKI: Perang Diskon di Akhir Tahun untuk Fashion dengan Merk Ternama

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 menyebutkan bahwa pembangunan berkelanjutan diartikan sebagai pembangunan yang menjaga kehidupan sosial kemasyarakatan.

Fakultas Perikanan UKAW Kupang Siapkan Kado Natal Spesial untuk Julie Laiskodat, Apa Ya?

Pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraaan ekonomi masyarakat dan pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup masyarakat yang didukung oleh tata kelola yang menjaga pelaksanaan pembangunan yang akan meningkatkan kualitas kehidupan dari
satu generasi ke generasi berikutnya.

UU Desa telah tiga tahun berjalan, namun dalam proses perjalanan masih membutuhkan dampingan dan pemahaman yang sama. Dalam kondisi ini, diperlukan langkah-langkah nyata guna mempercepat proses pemahaman dan pelaksanaan-pelaksanaan pembangunan desa.

Pemerintah melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan
Transmigrasi kata Rufus, telah menetapkan prioritas program meliputi pengembangan
Program Unggulan Desa dan Kawasan Desa, pengembangan Bumdesa dan Bumdesa Bersama, pembangunan embung desa atau penampungan air lainya dan pembangunan atau pengembangan sarana olahraga desa.

"Program ini diyakini dapat membantu meningkatkan produktivitas masyarakat desa," kata Rufus.

Jelas Rufus, salah satu strategi yang dikembangkan dalam Program Inovasi Desa yakni penyediaan Dana Operasional Kegiatan pada setiap kecamatan.

Kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi program inovasi desa merupakan metode untuk menemukan keunggulan dan kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Dari kegiatan rakoor dan evaluasi itu, Rufus berharap dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi penting demi perubahan positif di tahun mendatang.

Rufus mengatakan tujuan rakoor di antaranya mengevaluasi kegiatan PID yang telah dilaksanakan; Menemukan nilai-nilai positif serta kekurangan yang perlu diperbaiki.

Dan merumuskan rekomendasi-rekomendasi penting dalam pengelolaan program inovasi desa. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved