Berita Kabupaten Ende

Larangan Merokok di Pulau Ende yang Diedarkan Camat Tidak Lagi Efektif! Ini Alasannya

mengeluarkan larangan merokok bagi seluruh warga. Larangan tersebut sempat berjalan efektif namun demikian seiring dengan perjalanan waktu ada ya

Larangan Merokok di Pulau Ende yang Diedarkan Camat Tidak Lagi Efektif! Ini Alasannya
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Perangkat Desa/Para Perangkat Desa di Kecamatan Pulau Ende 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius
POS-KUPANG.COM,ENDE---Larangan merokok yang dikeluarkan oleh Camat Pulau Ende, Usman Husen untuk warga di kecamatan tersebut beberapa waktu lalu kini tidak lagi efektif karena telah dilanggar dan justru yang melakukan pelanggaran itu oknum kepala desa atapun perangkat desa yang ada di Kecamatan Pulau Ende.

Camat Pulau Ende,Usman Husen mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Selasa (11/12/2018) ketika dikonfirmasi mengenai efektifitas larangan merokok yang pernah dikeluarkan oleh pihak Kecamatan Pulau Ende beberapa waktu lalu.

Camat Usman mengatakan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya memang mengeluarkan larangan merokok bagi seluruh warga. Larangan tersebut sempat berjalan efektif namun demikian seiring dengan perjalanan waktu ada yang mulai melanggarnya dan justru yang melanggarnya adalah para kepala desa maupun perangkat desa yang ada.

“Semestinya kesadaran untuk tidak merokok datang dari diri sendiri bukan karena takut dengan camat,”kata Camat Usman.

Camat Usman mengatakan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya memang telah mengeluarkan larangan untuk tidak merokok di 8 tempat umum seperti Puskesmas dan sekolah juga kantor desa dan kantor camat juga aula Kecamatan serta pada saat hajatan juga di motor laut.

Namun demikian larangan tersebut kini mulai dilanggar dan pihaknya tentu sangatlah meyangyangkan hal tersebut karena komitmen yang telah disepakati bersama justru dilanggar.

“Memang tidak ada sanksi yang ada hanya sanksi sosial saja namun sayangnya hal itu tidak berlaku efektif,”kata Camat Usman.

Pemda Ngada Bantu 1 Miliar untuk Pembangunan Gereja Baru Paroki Maria Ratu Semesta Alam Langa

Danramil dan Babinsa Ikut Kegiatan Ini di Makodim Ngada

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan pihaknya memberikan apresiasi atas larangan merokok yang dikeluarkan oleh pihak kecamatan kepada warga beberapa waktu lalu.

Namun demikian ujar Wabup Djafar pihaknya meyayangkan kalau larangan yang bernilai positif tersebut justru telah dilanggar oleh warga terutama para kepala desa.
Menurut Wabup Djafar larangan untuk tidak merokok akan lebih efektif apabila ada sanksi yang tegas tidak sekedar saksi sosial semata.

“Kalau bisa bagi yang merokok di tempat umum diberi denda minimal Rp 50 ribu sehingga dengan demikian memberikan efek jera bagi yang bersangkutan,”kata Wabup Djafar.

Uang dari hasil denda bisa dipergunakan untuk membeli makanan atau pengobatan sebagai konsekwensi logis dari akibat bagi yang merokok,ujar Wabup Djafar. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved