Berita Flores Timur Terkini

IGI Flotim Gelar Wisata Menulis di Sekolah-sekolah

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur menggelar wisata menulis di sejumlah sekolah di Pulau Adonara Flotim.

IGI Flotim Gelar Wisata Menulis di Sekolah-sekolah
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Para pelajar SD di Kiwangona serius mengkuti pelatihan menulis Selasa (11/12/2018) 

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Ikatan Guru Indonesia (IGI) Flores Timur menggelar wisata menulis di sejumlah sekolah di Pulau Adonara Flotim.

IGI memberi pelatihan menulis cerpen, puisi, dan cerita-cerita inspiratif dengan peserta pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah pertama (SD dan SMP).

Kamsudin Ridwan, Wakil Ketua IGI Flotim kepada POS-KUPANG.COM, Selasa malam (11/12/2018) menjelaskan pelatihan menulis ini bagian dari program Sagusaku IGI.

BREAKING NEWS: Marjo Ditemukan Tewas di Kebunnya di TTU

Kata Kamsudin, kegiatan pelatihan menulis ini untuk mengisi kekosongan kegiatan para siswa-siswi selepas Ulangan Akhir Sekolah (UAS) semester 1 tahun pelajaran 2018/2019.

"IGI Flotim gelar kegiatan geraian literasi sekolah Sagusaku di dua titik Kecamatan Adonara Timur yakni di SDK Kiwangona 1 dan Tapobali," kata Kamsudin.

Gubernur Laiskodat Gelar Pertemuan dengan Bupati dan Wakil Bupati TTS Terpilih, Ini yang Dibahas

Di titik pertama digelar Selasa (11/12/2018) melibatkan siswa-siswi tingkat SD dan SMP empat sekolah yakni SMPS Lembah Kelapa (60 peserta); SDK Kiwangona 1 (10 orang), SDK Kiwangona 2 (10 orang) dan SDI Kiwangona (10 orang).

"Jadi total total peserta Gelis di hari pertama di titik pertama berjumlah 90 orang. Mereka mengikuti kegiatan cukup antusias," kata Kamsudin.

Titik kedua di Tapobali digelar Rabu (12/12/2018) melibatkan tiga sekolah yakni SMPN Satap Tapobali (50 siswa); SDI Tapobali (10 siswa), dan SDK Ongabelen dengan jumlah peserta 10 orang.

"Kita IGI memberikan suntikan motivasi kepada siswa untuk menuangkan ide dan perasaannya lewat bahasa tulisan seperti puisi, cerpen dll," kata Kamsudin.

Wahid Mansyur mewakili Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kecamatan Adonara Timur menyampaikan apresiasi kepada Tim Literasi (Gelis) Sagusaku IGI Kabupaten Flores Timur.

Menurutnya IGI Flotim menjadi lembaga pertama yang melakukan pelatihan menulis di wilayah Kiwangona.

"Dalam kurikulum K-13 terdapat tiga kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa, yaitu kompetensi PPK (penguatan pendidikan karakter), kompetensi intelektual, dan kompetensi literasi," kata Wahid.

Ia mengatakan pelatihan menulis ini akan dapat memenuhi tuntutan kurikulum K-13. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved