Berita Kabupaten Nagekeo

Harga Kopra Anjlok ! Warga Podenura-Nangaroro Menjerit

petani Kopra di Desa Podenura Kecamatan Nangaroro Kabupaten kini mengalami masa sulit setelah diperhadapkan dengan masalah rawan pangan yang terjadi

Harga Kopra Anjlok ! Warga Podenura-Nangaroro Menjerit
Pos kupang.com/gordi donafan
Kades Podenura, Anselmus Nuwa 

 Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Sejumlah petani Kopra di Desa Podenura Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo kini mengalami masa sulit setelah diperhadapkan dengan masalah rawan pangan yang terjadi di wilayah Nagekeo.

Kini kembali diperhadapkan dengan anjloknya harga kopra. Harga kopra sebelumnya per koligram lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah kini hanya seharga dua ribu lima ratus rupiah per kilogram.

Kepala Desa Podenura Nagekeo Anselmus Nuwa, menjelaskan, kopra merupakan salah satu komoditi ungglan yang menjadi sumber pendapatan para petani yang ada di desa tersebut.

Anjloknya harga kopra saat ini membuat para petani menjerit. Hasilnya para petani enggan menjual kopra milik mereka akibat harga yang sangat anjlok.

SMAK Giovanni Kupang Adakan Perkemahan di Oetmanunu Kupang Barat

Anselmus mengatakan saat ini para petani di desa tersebut tidak mengolah hasil kepala mereka untuk menjadi kopra karena harga jual tidak sesuai dengan harapan.

"Anjloknya harga kopra itu sudah terjadi sejak bulan Juni. harga yang sebelumnya mencapai lima ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah perkilogram kini hanya dua ribu lima ratus rupiah per kilogram.

Akibatnya petani harus menjerit karena diperhadapkan dengan kekurangan pangan dan kembali diperhadakan dengan harga kopra yang anjlok," ungkap Anselmus, kepada POS KUPANG.COM, Rabu (12/12/2018).

Ia menjelaskan untuk membeli satu kilogram beras petani harus menjual kopra sebanyak lima sampai enam kilogram, hal ini dikarenakan harga beras juga mengalami peningkatan.

Ia mengungkapkan untuk bertahan hidup warga hanya mengandalkan bahan pangan lokal seperti umbi umbian dan juga sumber pangan lokal lainnya. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved