Berita Flores Timur Terkini

Desa Bantala Flores Timur Juara 1 Lomba Desa 2018, Kepala Desa Siprianus Rape Liwun Tersenyum

Desa Bantala Flores Timur Juara 1 Lomba Desa 2018, Kepala Desa Siprianus Rape Liwun Tersenyum

Desa Bantala Flores Timur Juara 1 Lomba Desa 2018, Kepala  Desa  Siprianus Rape Liwun Tersenyum
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Wakil Bupati Flotim, Agus Boli menyerahkan trofi penghargaan kepada Kepala Desa Bantala Siprianus Rape Liwun disaksikan Ketua PKK Flotim Lusia B Gege Hadjon dan Kepala BPMD Rufus Koda Teluma Rabu (12/12/2018). 

Desa Bantala Flores Timur Juara 1 Lomba Desa 2018, Kepala Desa Siprianus Rape Liwun Tersenyum

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Kepala Desa Bantala Flores Timur, Siprianus Rape Liwun tersenyum lebar saat dipanggil Wakil Bupatim Agus Boli untuk berdiri di hadapan ratusan kepala desa di Aula OMK Keuskupan Larantuka Rabu (12/12/2018).

Ia ternyata menjadi kepala desa teladan karena prestasinya menjuarai lomba desa tingkat nasional 2018 untuk kategori pemanfaatan dana desa dengan sistem padat karya tunai.

DPRD NTT Minta Perketat Pemberian Izin Sumur Bor

Sistem padat karya tunai yakni dengan menyertakan masyarakat dalam pengerjaan pembangunan di desa dan upahnya dibayar setiap sore usai kerja.

"Pagi hari masyarakat masuk kerja, sore hari pulang langsung dibayar upahnya. Besaran upah sesuai dengan kesepakatan bersama di musyawarah desa," jelas Kepala BPMDes Flores Timur Rufus Koda Teluma di sela kegiatan.

Pemkot Kupang Lakukan Mutasi Minggu Ini, Jefri: Dapat Jabatan atau Tidak, Itu dari Tuhan

Koda Teluma menambahkan prestasi Kades Bantala menjadi kebanggaan untuk masyarakat dan pemerintah daerah Flotim. Bahwa kita bisa mengelolah dana desa dengan baik.

Dengan sistem padat karya tunai, kata Koda Teluma, dana desa dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, menurunkan angka kemiskinan dan menekan angka stunting.

Agus Boli setelah menyerahkan trofi penghargaan dari Kementerian Desa kepada Kades Bantala, mengungkapkan pujiannya kepada Rape Liwun.

"Kades Bantala mampu menerjemahkan misi pemerintah daerah, Desa Membangun Kota Menata," kata Agus Boli.

Prestasi Kades Bantala, harap Agus Boli dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk melakukan inovasi.

"Saya melihat ada puluhan kepala desa yang sangat inovatif di Flotim. Misalnya Boru Kedant, Pepageka, Riangduli, Lamahelan, Ilepati, Wureh, Pajinian, Birawan dan desa lainnya," kata Agus Boli.

Agus Boli bahkan meminta agar para kepala desa membangun kerja sama dengan media massa untuk mengekspose segala potensi yang ada di desa.

"Jangan hanya berlangganan koran. Saya minta mereka untuk isi lembaran koran itu dengan berita-berita dari desa. Harus kerja sama dengan media," kata Agus Boli. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved