Berita NTT Terkini

Paspor Wajibkan Negara Selamatkan WNI yang Ditawan Somalia

Salah satu kewajiban negara adalah menyelamatkan pemegang paspor dari ancaman pihak-pihak lain.

Paspor Wajibkan Negara Selamatkan WNI yang Ditawan Somalia
POS-KUPANG.COM/AMBUGA LAMAWURAN
Erwin Wantania sewaktu memberikan keterangan tentang fungsi paspor di kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Selasa (11/12/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ambuga Lamawuran

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Paspor yang dimiliki para warga negara Indonesia, baik yang bekerja di luar negeri maupun sekedar mengunjungi satu negara lain, rupanya memiliki fungsi yang sangat besar.

Salah satunya dari segi keselamatan pemegang paspor itu. Dalam paspor itu, tertuang hak dan kewajiban, baik dari negara maupun pemegang paspor. Salah satu kewajiban negara adalah menyelamatkan pemegang paspor dari ancaman pihak-pihak lain.

Kepala Divisi Keimigrasian Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Erwin Wantania, mengisahkan beberapa tahun silam, sekelompok warga negara Indonesia sempat ditahan orang-orang Somalia.

Begini Tudingan Hotspur ke Barcelona yang Akan Curi Harry Kane

Tiga Kiper Terbaik Liga Inggris Musim Ini!  Nama David De Gea  Nihil

"Waktu itu dilakukan komunikasi. Apakah ada warga negara Indonesia dalam kapal yang diboikot itu. Kita melakukan negosiasi," katanya di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Kota Kupang, Selasa (11/12/2018).

Dia mengatakan, jika negosiasi yang dilakukan mengharuskan negara membayar sebagai ganti rugi warga negaranya, maka negara akan membayarnya.

"Karena itu sudah tertuang dalam ketentuan paspor yang dimiliki warga negara Indonesia," katanya.

Karena itu, ujarnya, pemerintah Indonesia waktu itu menurunkan Kopassus untuk menyelamatkan mereka.

Dia mengatakan, selain kewajiban dari negara untuk menjaga keselamatan warga pemegang paspor, namun warga itu pun memiliki kewajiban-kewajiban terhadap negaranya.

"Salah satunya adalah tidak membuat malu negara Indonesia. Misalnya, berangkat ke luar negeri dan menjadi peminta-minta di sana," jelasnya. (*)


Penulis: Lamawuran
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved