Berita NTT Terkini

Kawal Imigran Asing, Erwin Wantania Jelaskan Aplikasi Pelaporan Orang Asing

Seluruh warga Provinsi NTT, bisa melaporkan keberadaan orang asing di NTT melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA).

Kawal Imigran Asing, Erwin Wantania Jelaskan Aplikasi Pelaporan Orang Asing
POS-KUPANG.COM/Ambuga Lamawuran
Kepala Divisi Keimigrasian Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Erwin Wantania, sewaktu memberikan sosialisasi tentang imigran dan orang asing di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Selasa (11/12/2018). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Seluruh warga provinsi NTT, baik secara perorangan maupun instansi bisa melaporkan keberadaan orang asing di NTT melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA).

Hal ini dikatakan Kepala Divisi Keimigrasian Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Erwin Wantania, sewaktu memberikan sosialisasi tentang imigran dan orang asing di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Selasa (11/12/2018).

Dia mengatakan, prinsip APOA ini adalah melaksanakan amanat pasal 72 UU Nomor 6 tahun 2011.

Bibi Dongeng Kembali Tour ke Berbagai Taman Baca di Kota Larantuka

"Yaitu mengenai kewajiban pemilik dan pengurus tempat penginapan untuk melaporkan keberadaan Orang Asing yang menginap di tempatnya," kata Erwin.

Selain itu, katanya, APOA menyediakan mekanisme pelaporan Orang Asing yang memudahkan pelapor, yaitu berupa aplikasi yang dapat diakses secara online.

Status Hukum Tanah Undana Kupang Belum Inkracht

APOA, imbuh Erwin, sangat memudahkan pelapor dalam menjalankan kewajibannya, yakni melaporkan orang asing ke kantor imigrasi setempat.

"APOA pun memberikan kemudahan kepada kantor imigrasi dalam pelayanan kepada Orang Asing dalam konteks pemberian perlindungan, misalnya orang asing tersebut hilang dan tidak dapat dihubungi oleh keluarga yang bersangkutan," jelasnya.

APOA ini pun sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Masyarakat yang menampung para imigran bisa melaporkan Orang Asing tersebut ke kantor imigrasi jika orang asing tersendiri diduga melanggar ketentuan hukum," kata Erwin. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ambuga Lamawuran)

Penulis: Lamawuran
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved