Breaking News:

Berita NTT Terkini

Tahun 2019! Kemenpora Kembali akan Menggelar Pelatihan Pelatih dan Wasit Juri di NTT

Kegiatan ini mendapat perhatian penuh Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga. Tentu kita berterima kasih kepada pak Menpora dan jajarannya yang sudah

Penulis: Ferry Ndoen | Editor: Ferry Ndoen
Pos Kupang.com/Ferry Ndoen
Ferdy Amatae, wasit juri pencak silat internasional 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen

POS KUPANG.COM - Pasca sukses menggelar program Pelatihan Pelatih Pencak Silat tingkat Dasar dan Pelatihan Wasit Juri, di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, tanggal 3-5 Desember 2018, Kemenpora kembali akan menggandeng panitia pelaksana kegiatam untuk melakukan pelatihan serupa. Tujuannya, untuk meningkatkan sumber daya bidang persilatan di NTT.

Tokoh silat NTT, Ferdy Amatae, saat dihubungi wartawan Pos Kupang.com, membenar rencana program tahun 2019 Kemenpora tersebut, Senin (10/12/2108)

"Bangsa besar adalah bangsa yang menghargai budayanya sendiri. Sebagai anak bangsa yang terlahir dan besar dari dunia pencak silat, kita harus mampu berbuat terbaik untuk pencak silat di NTT, khususnya melalui berbagai kegiatan yang salah satunya adalah upaya untuk peningkatan Sumber Daya Manusia/SDM seluruh aparat pertandingan sesuai tugas dan fungsi," kata Ferdy Amatae.

Ferdy yang juga wasit pencak silat berlisensi internasional, lebih jauh menjelaskan, dengan semakin banyak dilaksanakan program pelatihan termausuk meng up grade ilmu kepada pelatih dan wasit juri, maka para pelatih bisa mengetahui perkembangan terkini aturan pertandingan serta tehnik pelatihan standar yang sesuai dan mengacu aturan pertandingan yang terbaru.

"Terutama bagi aparat tehnik pertandingan yang membidangi bidang kepelatihan dan bidang perwasit jurian. Seringkali terjadi kesalah pahaman dalam setiap even pertandingan pencak silat antara pelatih dan wasit juri sehingga menyebabkan konflik internal antar pelatih dan wasit juri. Hal ini disebakan karena kurang adanya pemahaman tentang aturan secara baik dan benar terutama bagi para pelatih maupun para wasit juri itu sendiri," tambahnya.

Menuru Ferdy, kondisi ini menjadi salah saatu tantangan yang harus mendapat perhatian dan perlu disikapi pengurus IPSI yang ada mulai dari Pengurus Besar IPSi sampai pengurus terkecil di tingkat kecamatan.

Peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM ) bagi para pelatih maupun wasit juri perlu terus diasah secara terus menerus dan berkesinambungan sehingga terciptanya satu pikiran dan pehaman serta wawasan yang sama dalam menghadapi satu even pertandingan pencak silat agar dapat terhindarnya konflik internal yang seringkali terjadi.

"Untuk menjawab tantangan ini melalui Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia membantu melalui Program Kepelatihan Pelatih Pencak Silat tingkat Dasar ke berbagai provinsi dan daerah di Indonesia, salah satunya di wilayah Provinsi NTT yang terpusat di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur beberapa hari lalu.

Sebagai ketua pelaksanaa Pelatihan Pelatih Pencak Silat tingkat Dasar melalui Sanggar Seni dan Olahraga Kertanegara kami telah mendapat bantuan dana dari Kemenpora untuk melaksanakan kegiatan pelatihan melibatkan 122 pelatih dari Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Sumba Tengah dengan materi kepelatihan dan Peraturan Pertandingan serta kebijakan Pengprov IPSI NTT dalam meningkatkan prestasi atlit pencak silat yang ada di Nusa Tenggara Timur," jelasny.

Tentang pelatihan serupa tahun 2019, Ferdy menjelaskan, pihaknya terus membangun komunikasi intens bersama Kemenpora sehingga tahun 2019 bisa mendapat kegiatan serupa. Tujuannya untuk meningkatkan SDM pelatih dan wasit juri di NTT.

"Diharapkan dengan adanya singkronisasi penerapan materi yaitu materi kepelatihan dan peraturan pertandingan kepadapara pelatih, mereka dapat memahami secara baik dan benar tentang materi yang sudah didapat agar mampu mengsosialisasikan kepada anak didiknya agar dapat terciptanya pemahaman yg sama, dan mampu menciptakan anak didik untuk bisa bersaing dengan pesilat pesilat daerah lainnya," ujarnya.

Ferdy menegaskan, direncana kegiatan yang sama akan dilaksanakan tahun 2019  melibatkan jumlah peserta yang jauh lebih besar di daerah di NTT

"Kegiatan ini mendapat perhatian penuh Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga. Tentu kita berterima kasih kepada pak Menpora dan jajarannya yang sudah mendukung serta membangun SDM pencak silat di NTT," pungkasnya. (fen)

Gaji PNS Dan Pensiunan Naik 2019 Berikut Rincian Lengkap Gaji Tiap Golongan, 5 Hingga 117 Juta

Pertengkaran Berujung Maut! Pengeroyokan Menewaskan Ini Remaja 14 Tahun

Ferdy AMatae, wasit juri internasional pencak silat
Ferdy AMatae, wasit juri internasional pencak silat (Pos Kupang.com/Ferry Ndoen)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved