Berita Kota Kupang

Masyarakat Merindukan Ada Pelayanan Chat Lab di NTT, Begini Kisahnya!

pelayanan Chat Lab merupakan sebuah pelayanan yang telah lama dirindukan masyarakat NTT khususnya para pasien

Masyarakat Merindukan Ada Pelayanan Chat Lab di NTT, Begini Kisahnya!
POS KUPANG/RYAN NONG
dr Andersen S. Soeharto, Manejer Operasional RS Siloam saat Seminar Kesehatan Jantung dan Pembukaan Kateterisasi Jantung di RS Siloam Kupang pada Sabtu (8/12/2018) 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Tingginya tngkat penderita penyakit jantung termasuk jantung koroner berdasarkan rilis data Dinas Kesehatan Provinsi NTT memanggil para pihak untuk berpartisipasi dalam menekan angka tersebut.

Dengan kondisi pelayanan kesehatan yang mengharuskan para penderita (penyakit jantung) melakukan rujukan ke rumah sakit di luar NTT seperti di Bali, Surabaya dan Jakarta untuk mendapatkan penanganan komperhensif dalam proses kesembuhannya, tentu saja menimbulkan pembengkakan pada sisi waktu, tenaga serta biaya.

Bagaimana tidak, banyak kasus yang terjadi ketika para pasien melakukan rujukan ke rumah sakit di luar NTT, malah harus menunggu daftar antrean dan ada pula yang harus menelan kekecewaan karena kondisinya tidak sesuai ekspektasi sehingga menimbulkan penambahan biaya tambahan serta waktu tunggu yang tidak pasti.

Kepada para wartawan saat Seminar Kesehatan Jantung dan Pembukaan Kateterisasi Jantung di RS Siloam Kupang pada Sabtu (8/12/2018), Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Emma Simanjuntak SKM, MM, MsC menyatakan bahwa menjadi sebuah kehormatan bagi masyarakat NTT dengan dimulainya pelayanan Chat Lab di RS Siloam Kupang.

Notaris di NTT Siap Berikan Pelayanan Online

Sang Ibu Yoneta Koko Ratapi Peti Jenazah Putra Tunggalnya Emanuel Bano

Pasalnya, pelayanan Chat Lab merupakan sebuah pelayanan yang telah lama dirindukan masyarakat NTT khususnya para pasien atau penderita sakit jantung yang mana, berdasarkan perkembangan penanganan kesehatan jantung, pelayanan ini menjadi sebuah pelayanan unggulan untuk menyembuhkan sakit jantung.

"Kita semua merindukan ada pelayanan chat lab di Provinsi NTT dan puji Tuhan, RS Siloam melihat kesempatan dan peluang ini, sehingga kita (Dinas Kesehatan Provinsi NTT) memproses secepatnya hal ini untuk memutus rantai lama waktu serta biaya yang tinggi," ungkap Emma.

Emma menyampaikan, dengan dibukanya pelayanan chat lab di RS Siloam Kupang maka tentunya dapat menghemat banyak hal, termasuk dapat menekan tingkat kematian akibat penyakit jantung.

"Kita bisa bayangkan berapa banyak waktu, tenaga dan dana yang habis karena chat lab tidak bisa dilakukan di NTT dan kita rujuk ke luar daerah?" ungkapnya retoris.

Oleh karena itu ia mengucapkan selamat atas dibukanya Unit Kateterisasi Jantung (chat lab) di RS Siloam dan berharap makin banyak masyarakat NTT yang tertolong dengan pelayanan yang cepat, tepat waktu dengan tindakan yang tepat.

Dari 50 rumah sakit yang tersebar di 22 kabupaten kota, RS Siloam Kupang yang merupakan salah satu rumah sakit tipe B bersama denga RSUD Johannis Kupang telah berkomitmen untuk melakukan pelayanan komperhensif untuk penyakit jantung.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved