Berita Kabupaten TTS

Hingga Awal Desember KPU TTS Tak Kunjung Selesaikan Pengadaan APK Pemilu 2019

Hingga awal Desember 2018 Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten TTS tak kunjung menyelesaikan pengadaan alat peraga kampanye (APK)

Hingga Awal Desember KPU TTS Tak Kunjung Selesaikan Pengadaan APK Pemilu 2019
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Sekretaris KPU Kabupaten TTS, Marcel Taneo 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM|SOE – Hingga awal Desember 2018 Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten TTS tak kunjung menyelesaikan pengadaan alat peraga kampanye (APK) pemilu 2019 bagi partai politik peserta pemilu.

Awalnya sekertariat KPU Kabupaten TTS berencana melakukan pengadaan APK melalui lelang di LPSE KPU Propinsi NTT, namun tiba-tiba berubah menjadi penunjukan langsung dengan alasan pagu anggaran tak sampai 200 juta.

Tetapi, hingga awal Desember APK pemilu 2019 tak juga kunjung dibagikan ke Partai Politik.

Kadis P dan K Kabupaten TTS Sebut Dana PIP 2015 dan 2016 Banyak Yang Hangus

Dua Peringatan, Gelombang Setinggu 2,5 Meter dan Hujan Disertai Petir Terjadi di Ruteng

Akui Dirinya Nakal, Ini Loh Kode Khusus Jackie Chan untuk Perempuan yang Disewa. Yuk Simak

Sekertaris KPU Kabupaten TTS, Marcel Taneo membenarkan perubahan pengadaan APK dari lelang ke penunjukan langsung. Dirinya mengaku, belum ada CV atau PT yang ditunjuk untuk melakukan pengadaan APK pemilu 2019.

Namun dirinya kembali berjanji, jika dalam waktu 5 sampai 10 hari ke depan APK pemilu 2019 sudah bisa dibagikan ke partai peserta pemilu.

" Setelah kami hitung, untuk pengadaan 10 baliho dan 16 spnaduk untuk 16 peserta pemilu anggarannya tak sampai 200 juta. Jadi kita ubah dari lelang ke penunjukan langsung. Kita target dalam waktu dekat sudah bisa kita bagikan," janjinya.

Akibat dari molornya pengadaan APK Pemilu 2019 membuat Bawaslu Kabupaten TTS belum bisa melakukan penindakan terhadap pemasangan APK yang tidak sesuai aturan.

Pasalnya, Bawaslu masih menunggu KPU Kabupaten TTS menyerahkan APK kepada partai politik untuk dilakukan pemasangan sesuai zona yang ditentukan.

" SK pengadaan APK saja hingga saat ini belum ada. Apa lagi APK Pemilu 2019? Kami masih menunggu KPU TTS selesai melakukan pengadaan APK baru kami lakukan penindakan agar kami tidak kerja double. Apa lagi, biaya penertiban kami sangat terbatas,"jelas Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Melky Fay kepada pos kupang, Selasa ( 4/12/2018) di ruang kerjanya.

Ketua DPD Partai Hanura, Marthen Tualaka meminta KPU Kabupaten TTS segera menyelesaikan pengadaan APK tersebut. Pasalnya, APK yang menjadi kewajiban KPU seharusnya sudah terpasang di zona yang ditentukan sehingga gaung pemilu 2019 bisa benar-benar dirasakan masyarakat.

" Kalau hanya penunjukan langsung kenapa lama sekali? APK itu harus segera terpasang sehingga masyarakat juga tahu tahun 2019 sebagai Moment pemilu atau pesta rakyat," ujarnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved