Berita Kabupaten Nagekeo Terkini

Pengaduan Warga ke DPRD Nagekeo terkait Hasil Pilkades Itu Wajar

mekanisme yang sudah diatur itu ada didesa. Jika memang didesa tidak bisa diselesaikan maka dibawa ketingkat Kabupaten.

Pengaduan Warga ke DPRD Nagekeo terkait Hasil Pilkades Itu Wajar
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Imanuel Ndun 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Kepala Dinas PMD-PPPA Nagekeo, Imanuel Ndun, mengapresiasi kedatangan belasan orang warga dari Desa Renduwawo Kecamatan Aesesa Selatan di DPRD Nagekeo, Kamis (29/11/2018).

Menurut Imanuel, pengaduan terkait persoalan Pilkades adalah suatu hal yang wajar.

Terkait teknisnya sebenarnya dilakukan di desa karena ada panitia yang ada disana. Karena Perbub nomor 66 tahun sudah jelas mengatur mekanisme jika memang warga atau tim yang tidak menerima hasil Pilkades untuk lakukan pengaduan diberikan waktu selama dua hari.

Memang terkait subtansi aduan warga bahwa ada kampanye masa tenang, jadikan rumah panitia sebagai tempat kampanye dan keterlibatan ASN itu tidak bisa melihat dengan hanya mendengarkan aduan dari salah satu pihak. Memang itu interest grup yang menyampaikan pengaduan. Namun kita juga harus minta dari panitia yang ada didesa. Karena memang mereka yang tau dilapangan.

Meskipun begitu, menurut Imanuel, pengaduan ini merupakan masukan berharga bagi pemerintah. Sehingga kedepan harus ada aturan atau regulasi yang secara detail dalam mengatur tentang Pilkades.

"Kita akan memperbaiki sistem. Kedepan bangun sistem untuk meminimalisir persoalan. Kita akan perbaiki kebijakan ini.

Satu hal yang membuat saya optimis bahwa Pa Mikael itu dihadapan masyarakat sudah menerima itu.

Masyarakat sudah semakin kritis dan calon sudah terima dan mengakui keunggulan dari calon yang menang. Mereka datang mengingatkan pemerintah untuk melihat ini dan tahapan itu secara teknis didesa. Mereka belum melalui tahapan itu," ujar Imanuel, kepada POS KUPANG.COM di Kantor DPRD Nagekeo.

Imanuel menerangkan mekanisme yang sudah diatur itu ada didesa. Jika memang didesa tidak bisa diselesaikan maka dibawa ketingkat Kabupaten.

Ia juga menyampaikan sampai saat ini tidak ada persoalan yang sangat rumit terkait Pilkades serentak di Nagekeo.

Semuanya berjalan aman dan lancar. Berkat dukungang semua pihak. Baik Pemda, Kecamatan Desa serta aparat keamanan TNI, Polri, Sat Pol PP serta Linmas yang ada di Desa.

Ia mengaku tahapan selanjutnya adalah Panitia menetapkan dan menyerahkan hasil Pilkades kepada BPD dan diteruskan kepada Pemda Nagekeo melalui Dinas PMD.

Selanjutnya akan diproses dan menunggu tahapannya untuk dilantik oleh Bupati secara serentak. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved