Berita Kabupaten Lembata

Kemenpora Janji Awal Desember Terima Hasil

Tim Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sudah menyampaikan bahwa seleksi 400 siswa berbakat olahraga yang telah diselenggarakan di Lewoleb

Kemenpora Janji Awal Desember Terima Hasil
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Aloysius Nedabang -- 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Tim Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sudah menyampaikan bahwa seleksi 400 siswa berbakat olahraga yang telah diselenggarakan di Lewoleba, Kabupaten Lembata 27-29 November, akan segera dikirim ke Lewoleba.

Hasil seleksi kemungkinan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata paling lambat pertengahan Desember 2018.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PKO) Kabupaten Lembata, Aloysius Nedabang, ketika ditemui Pos Kupang.Com di ruang kerjanya, Jumat (30/11/2018).

Dikatakannya, siswa yang ikut dalam seleksi keberbakatan olahraga tersebut sebanyak 400 orang. Para siswa itu, berasal dari sejumlah SMP yang ada di Lewoleba dan sekitarnya.

Tukarkan Uang Kertas Rupiah TE 1998 dan 1999 karena Tak Berlaku per 31 Desember 2018

Dari seluruh peserta tersebut, lanjut Aloysius, belum diketahui berapa banyak siswa yang direkomendasikan untuk mengikuti pembinaan lanjutan. Namun selama seleksi berlangsung, ada beberapa siswa yang mendapat apresiasi langsung dari Tim Kemenpora tersebut.

Apresiasi spontan dari tim Kemenpora, lanjut Aloysius, berupa hadiah kepada siswa yang mampu menunjukkan keberbakatannya di bidang olahraga. Hadiah yang diberikan itu berupa uang dengan nilai yang bervariasi.

Meski ada apresiasi tersebut, lanjut Aloysius, pihaknya tak bisa memastikan apakah siswa penerima hadiah spontan itu bakal direkomendasikan untuk mengikuti pembinaan lanjutan. Pasalnya, ada syarat lain yang mungkin harus dipenuhi oleh siswa yang dinilai berbakat.

"Kami sama sekali belum tahu apakah ada siswa berbakat olahraga yang ditemukan Tim Kemenpora di Lembata. Tapi kami sudah dijanjikan menerima hasil seleksi itu pada awal Desember 2018. Jadi kita lihat saja perkembangan ke depan seperti apa," ujar Aloysius.

Apabila hasil seleksi sudah diterima, lanjut dia, maka pihaknya akan mempelajari hasil tersebut kemudian memberikan rekomendasi kepada pengcab-pengcab melalui Koni Lembata mengenai pembinaan lanjutan siswa berbakat olahraga tersebut.

Menurut Aloysius, kendati secara normatif belum ada hasil yang diterima dari Kemenpora, namun pihaknya optimis satu dua peserta seleksi pasti akan dinyatakan punya bakat olahraga. Sebab saat seleksi berlangsung, siswa tersebut telah menunjukkan kemampuan maksimalnya dalam bidang olahraga yang dibakatinya. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved