Berita Kabupaten Malaka

Bupati Malaka Resmikan Sarana CTPS di SDI Tabene

Peresmian ini ditandai dengan dibukanya kran air secara simbolis dan melakukan selebrasi cuci tangan pakai sabun sesuai tujuh langkah CTPS.

Bupati Malaka Resmikan Sarana CTPS di SDI Tabene
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Asisten II Setda Malaka, Silvester Leto melakukan selebrasi cuci tangan pakai sabun usai meresmikan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SDI Tabene, Rabu (28/11/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS- KUPANG.COM| BETUN--Bupati Malaka yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Silvester Leto meresmikan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SDI Tabene, Rabu (28/11/2018).

Peresmian ini ditandai dengan dibukanya kran air secara simbolis dan melakukan selebrasi cuci tangan pakai sabun sesuai tujuh langkah CTPS.

Sarana ini dibangun oleh Lembaga Pengembangan dan Perlindungan Anak (LPPA) mitra ChildFund Indonesia.

Bupati Malaka dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Setda Malaka, Silvester Leto mengatakan, kesadaran masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat merupakan gerakan nasioanal yang diprakarsai oleh Presiden Joko Widodo dengan dikeluarkannya Inpres Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Tengkel Buat Cabul Lagi dengan Gadis Lain, Padahal Sudah Miliki Dua Istri. Alasannya Begini

Pasangan Artis Ruben Onsu dan Sarwenda Makan Berdua Hanya Beralaskan Piring Cobek. Kenapa Ya?

Dari Bisikan Gaib Sampai Mengidap Penyakit, Kisah Pria yang Potong Alat Kelamin

"Banyak cara untuk mencapai hidup sehat, salah satunya adalah melakukan cuci tangan pakai sabun, agar kita bisa terhindar dari kuman – kuman penyebab penyakit," kata Bupati Stef.

Menurut Bupati Stef, orang tidak bisa bicara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Cuci Tangan Pakai Sabun tanpa adanya ketersediaan air. Semua membutuhkan air. Oleh karena itu, urusan air menjadi prioritas.

Bupati Stef menyampaikan apresiasi kepada Lembaga Pengembangan dan Perlindungan Anak (LPPA) mitra ChildFund Indonesia yang telah bersama pemerintah berusaha mewujudkan masyarakat yang sehat.

LPPA mitra ChildFund Indonesia
telah menyediakan bantuan berupa instalasi jaringan CTPS di 10 Sekolah SD yang tersebar di tujuh wilayah desa dampingan serta renovasi jamban sekolah di empat sekolah SD.

Selain itu, LPPA mitra ChildFund juga mengagas dua sekolah pilot project yang memiliki sarana PHBS yakni, SDK Welaus dan SDI Umakota.

Gading Martin dan Gisella Anastasia Ungkap 8 Fakta, Salah Satunya Tentang Icha Gween.Yukl Kepoin!

Ternyata Gading Marten dan Gisella Anastasia Sudah Pisah Rumah sejak Awal Bulan November

Sarana yang dibangun mencakup instalasi jaringan CTPS, perbaikan WC dan instalasi air ke jamban sekolah, penyediaan bak sampah serta penyediaan media kampanye kesehatan bagi sekolah.

Pimpinan Proyek LPPA, Mikhael Riu Tae menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Malaka yang telah menjalin komunikasi dan kerjasama serta mendukung semua kegiatan yang dilakukan LPPA.

Mikhael berharap, sekolah di Kabupaten Malaka yang menerapkan gerakan CTPS di sekolah terus bertambah banyak.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan anak SD yang berada di wilayah dampingan LPPA Mitra ChildFund Indonesia dengan total 700 anak yang berasal dari 16 SD.

Hadir saat itu, Kepala Bidang Layanan Kesehatan Masyarakat pada Dinas kesehatan kabupaten Malaka bersama staf, Kepala Bidang Dikdas Dinas PKPO bersama staf, Perwakilan Kepala Puskesmas Betun, Puskesmas Nailera, Perwakilan Camat Kobalima dan Malaka Tengah serta para kepala
sekolah dan guru pendamping. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved