Berita Kabupaten Belu

Yanuarius Asa Bere Terima Kalpataru Sebagai Pengabdi Lingkungan

Yanuarius Asa Bere menerima penghargaan Kalpataru sebagai Pengabdi Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Belu.

Yanuarius Asa Bere Terima Kalpataru Sebagai Pengabdi Lingkungan
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Yanuarius Asa Bere menerima penghargaan Kalpataru sebagai Pengabdi Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Belu. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA---Yanuarius Asa Bere menerima penghargaan Kalpataru sebagai Pengabdi Lingkungan Hidup tingkat Kabupaten Belu.

Penyerahan dilakukan Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan saat acara peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tingkat Kabupaten Belu, Selasa (27/11/2018).

Yanuarius Asa Bere kepada Pos Kupang.Com, Rabu (28/11/2018) mengatakan, dirinya tidak meyangka mendapat penghargaan kalpataru sebagai Pengabdi Lingkungan Hidup di Kabupaten Belu. Sebagai seorang ASN di Pemkab Belu, ia merasa senang dan bangga karena hasil karyanya mendapat penghargaan dari pemerintah.

Pria berusia 41 tahun ini mengatakan, ia aktif mengabdi pada lingkungan hidup sejak delapan tahun lalu karena terinspirasi dari sang ayahnya Mateus Bere Bau yang menerima Kalpataru tingkat nasional dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di istana negara tahun 2010.

Masyarakat Adat di Kampung Lame Resmikan Rumah Adatnya. Ini Tujuannya !

Mahkamah Agung Vonis Bandar Narkoba 10 Kali Lipat dari Putusan Pengadilan

 

Terinspirasi dari jejak sang ayahnya, ia aktif menanam pohon di lahan miliknya seluas delapan hektare. Pohon yang ditanam adalah ampupu dan mahoni.

Ia juga mendapat petuah dan nasihat dari sang ayah untuk terus menanam pohon karena menanam pohon merupakan investasi masa depan dan juga sebagai upaya menjaga lingkungan demi kebaikan banyak orang.

"Saya terinspirasi dari bapak saya. Waktu itu bapak terima kalpataru tingkat nasional di istana negara. Pulang dari Jakarta saya mulai aktif menanam pohon ampupu dan mahoni," kata Yanuarius.

Yanuarius yang juga ASN di Dinas Pariwisata Kabupaten Belu ini mengaku senang dan bangga bisa mendapat penghargaan Kalpataru dalam usia yang terhitung muda. Penghargaan tersebut dinilai sebagai bentuk motivasi bagi dirinya untuk terus berkarya dalam menjaga lingkungan hidup. Sebab manfaat dari menjaga dan melestarikan lingkungan bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk kebaikan banyak orang.

Dalam kesehariannya, Yanuarius selalu memotivasi masyarakat untuk menanam pohon. Ia juga menyiapkan anak bagi warga yang ingin menanam pohon. Sebelum ia memotivasi orang lain, ia lebih dahulu melakukannya agar bisa dijadikan contoh. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved