Berita Kabupaten Sumba Timur Terkini

Tertibkan Ternak di Kota Waingapu! Sat Pol PP Sumba Timur Terbitkan Edaran

Satpol PP Kabupaten Sumba Timur sudah melayangkan surat kepada seluruh Pemerintah Kelurahan di Kota Waingapu dan Kambera. Surat untuk meminta

Tertibkan Ternak di Kota Waingapu! Sat Pol PP Sumba Timur Terbitkan  Edaran
POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO
Kasat Pol. PP Kabupaten Sumba Timur Yohanes Pama sedang memberikan keterangan. 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Robert Ropo

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU------ Terkait Ternak yang berkeliaran di Kota Waingapu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumba Timur sudah melayangkan surat kepada seluruh Pemerintah Kelurahan di Kota Waingapu dan Kambera. Surat tersebut untuk meminta Pihak Kelurahan juga turut menertibkan begitu juga menghimbau kepada Pemilik ternak agar menertibkan ternak miliknya.

"kita sudah berikan surat kepada Semua Kelurahan yang ada di Kota Waingapu dan Kambera untuk pihak Kelurahan bisa membantu menertibkan ternak dan juga menghimbau warga untuk menertibkan ternak mereka,"demikian disampaikan Kepala Satuan (Kasat) Pol PP kabupaten Sumba Timur Yohanes Pama ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Rabu (28/11/2018).

Pama juga mengaku pihaknya juga selalu melakukan operasi untuk menertibkan ternak liar di Kota Waingapu, namun perilaku masyarakat sehingga ternak masih berkeliaran.

Kejari Ende Lanjutkan Proses Hukum Kasus PNPM Kota Baru

AMPERA Kupang Bersikap! Empat Bulan Dibangun Jembatan Waima di Lembata-NTT Ambruk

"kita punya pasukan gerakan tidak bisa melakukan gerakan sedetail. Kita berharap kepada masyarakat mendukung agar pertama mereka harus menjaga ternak mereka. Karena ingin memelihara ternak di Kota harus menjaga ternak dengan melepas di padang dan lain sebagainya,"ungkap Pama.

Menurut Pama, dengan ternak berkeliaran di Kota tentu pertama dapat mencelakan pengguna jalan. Selain itu tanaman hias milik warga juga akan dimakan ternak dan salah satu yang berpengaruh besar yakni pemandangan Kota tidak indah jika ternak masih berkeliaran.

"tapi ya namanya manusia begitu sudah, ada saja mereka punya ulah, mereka punya keteledoran.Tapi sekarang kita sudah rilis lagi suratnya kita akan kasih lagi ke semua kelurahan untuk mereka kembali menghimbau lagi masyarakat untuk menertibkan ternak,"ungkap Pama.

Pama juga mengatakan ke depan jika dilakukan operasi dan ditemukan ternak yang masih berkeliaran maka pihaknya akan menangkap dan melakukan penahanan hingga pemiliknya menghadap dan melakukan penandatangan surat pernyataan. Jika dari tindakan itu pun masih terdapat pelanggaran yang berulang kali maka pihaknya melakukan tindakan yang tegas.

Pama juga mengaku ada banyak saja persoalan terkait ketertiban umum, bukan hanya pada ketertiban ternak liar, namun persoalan lain seperti sampah dan lain sebagainya.

"namun kita tidak boleh bosan dengan persoalan ini. Ini menjadi tugas dan kewenangan kita. Kita akan menjalankan ketertiban umum ini sampai kapan pun," imbuh Pama.

Pama juga mengatakan terkait persoalan ketertiban umum dan Ketenteraman tersebut, Pemerintah Daerah juga sudah mengajukan salah satu Ranperda tetang ketertiban umum dan Ketenteraman yang saat ini lagi dibahas di sidang Dewan.

Pama menjelaskan dalam Ranperda tersebut mencakup pertama Ijin mendirikan bangungan, persoalan sampah.

Selain itu menertibkan anak sekolah yang berkeliaran di saat jam sekolah, menertibkan wajib belajar 12 tahun, dimana bagi anak usia sekolah yang ingin bersekolah namun tidak disekolahkan orang tua nanti pihaknya mengingatkan kepada orang tuanya untuk harus disekolahkan dan juga termasuk juga ketertiban sosial lainya.

"Jadi semua masalah Ketertiban umum dan ketenteramanan ada dalam Ranperda ini mungkin termasuk juga dengan penertiban ternak liar di Kota ini. Ternak ini perlu kita lebih intesiflah sehingga perlu ada sangsi hukum. Masalah sampah ini kita akan memperingatkan warga agar menjaga kebresihan lingkungan,"ungkap Pama. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved