Berita Nasional Terkini

Penyelidikan Sementara, Tidak Ada Serangan Teroris dan Sabotase dalam Kecelakaan Lion Air

Tim yang dibentuk Polisi belum menemukan satu untuk serangan terorisme tidak ada, sabotase tidak ada.

Penyelidikan Sementara, Tidak Ada Serangan Teroris dan Sabotase dalam Kecelakaan Lion Air
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi melihat dan memilah barang-barang yang sudah dikumpulkan dari pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/11/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Hasil penyelidikan sementara tim satuan tugas (satgas) Kepolisian belum ditemukan adanya unsur pidana terkait peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat.

"Sementara tim yang dibentuk Polisi belum menemukan satu untuk serangan terorisme tidak ada, sabotase tidak ada. Sementara seluruh penelusuran rekam medis belum diketemukan unsur pelanggaran," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Sebelum Jatuh Tim dari Bareskrim Polri menyelidiki peristiwa jatuhnya pesawat bernomor registrasi PK-LPQ dengan nomor penerbangan JT 610 dari segi non-teknis, seperti masalah kesehatan hingga dugaan sabotase.

Jhon Tuba Helan Sebut MPR RI Kerja Minim Tapi Gaji Besar

"Seperti memberi rekomendasi kepada pilot, padahal rekam medis Pilot itu tidak layak untuk menerbang pesawat dan bermasalah itu bisa kena yang memberikan rekomendasi," tutur Dedi.

"Kemudian yang memberikan rekomendasi pilot itu tidak bersih terhadap ketergantungan obat-obat terlarang, tapi di-clear-kan sehingga pilot laik untuk terbang. Itu yang memberikan rekomendasi yang kena," sambung Dedi.

Tiga Anggota DPRD Sumatera Utara Didakwa Menerima Suap dari Gubernur Gatot Pujo Nugroho

Selain para pilot, pihaknya juga telah memeriksa sejumlah pihak terkait yang turut ambil andil dalam penerbangan pesawat rute Cengkareng-Pangkal Pinang tersebut.

Kepolisian belum bisa menyimpulkan ada atau tidaknya unsur pidana dalam peristiwa jatuhnya pesawat tersebut. Pihaknya masih menunggu hasil penelusuran dari segi teknis yang dilakukan oleh KNKT.

Kedua hasil penelusuran dari segi teknis dan non-teknis akan digabung untuk dapat mengambil kesimpulan.

"Kita ingin tahu penyebab kecelakaan karena apa secara teknis itu dulu. Secara non teknis kita sudah punya data nanti akan disinkronkan dengan data teknis," kata Dedi. (*)

Berita ini sudah terbit di Kompas.com dengan judul: Kepolisian Belum Temukan Pelanggaran Pidana Terkait Kecelakaan Lion Air

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved