Berita Kabupaten Malaka Terkini

Bupati Stef Berharap Lahan Pertanian Masyarakat Malaka Harus Dioptimalkan

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran terus mengajak seluruh stakeholder untuk sama-sama fokus dalam bidang pertanian karena satu-satunya kapital yang

Bupati Stef Berharap Lahan Pertanian Masyarakat Malaka Harus Dioptimalkan
Pos Kupang.com/Teni Jenahas
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS PANTAU---Bupati Malaka Stefanus Bria Seran bersama pimpinan OPD saat memantau tanggul penahan banjir di Kali Benanain belum lama ini. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN----Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran terus mengajak seluruh stakeholder untuk sama-sama fokus dalam bidang pertanian karena satu-satunya kapital yang dimiliki rakyat Malaka adalah tanah.

Kapital tanah sebagai sandaran masyarakat dalam memperoleh sumber pendapatan ekonomi rumah tangga.

Menurut Bupati Stef, tanah di Malaka harus dioptimalkan dengan menanam berbagai tanaman produktif sebagai sumber pendapatan ekonomi masyarakat. Sebab di Malaka tidak punya pabrik. Meski ada potensi laut, namun kapal tangkap ikan belum dimiliki. Yang dimiliki oleh seluruh masyarakat Malaka hanyalah tanah sehingga tanah harus dioptimalkan.

Ke depannya, program RPM harus semakin diperluas, semakin dipertajam, semakin diperdalam sehingga kedepannya masyarakat Malaka layak sebagai petani profesional dan modern. Ketika pemerintah konsisten mengurus pertanian maka dalam kurun waktu 25 tahun, rakyat Malaka makmur dan sejahtera.

Dalam pelaksanaan program ini, pemerintah terus menyediakan sarana dan prasarana pertanian untuk membantu masyarakat seperti traktor, alat panen padi, alat panen jagung, benih unggul dan pupuk. Pemerintah memacul tanah masyarakat secara gratis, memberikan benih gratis, pupuk dan obat-obatan.

Bupati pencetus program RPM ini mengatakan, selain melaksanakan program RPM, pemerintah juga fokus dalam membangun infrastruktur seperti, jalan dan jembatan. Jalan perlu dibangun agar akses transportasi masyarakat menjadi lancar sehingga roda perekonomian juga bagus.

Saat memantau pekerjaan jalan menuju Biudukfoho belum lama ini, Bupati menegaskan pembangunan jalan di Kabupaten Malaka harus lurus, berkualitas dan membangun talud. Tujuannya agar hasil pembangunan bisa bertahan lama dan dirasakan sampai anak cucu.

Selain membangun infrastruktur jalan, Pemerintah Kabupaten Malaka juga sudah membangun tanggul penahan banjir sepanjang kali benanai agar bisa menyelamatkan manusia dan harta benda. Masyarakat dapat hidup dengan tenang dan nyaman.

Pembangunan tanggul yang berkilo-kilo ini merupakan pola penanganan banjir yang dinilai cukup tepat dan hal itu sudah dirasakan oleh masyarakat yang sebelumnya menjadi korban banjir. Selain membangun tanggul, pemerintah juga terus mengeruk endapan di kali seperti pasir agar kali tidak dangkal. Dengan demikian, saat musim hujan, banjir tidak meluap dari kali. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved