Berita Kabupaten Lembata Terkini

Amrin Sebut Pengendara Kendaraan di Lembata Makin Sadar

Dulu banyak orang di Lembata, mungkin sesuka hati berkendara di jalan raya. Tapi sekarang tidak lagi. Kesadaran berkendara makin baik

Amrin Sebut Pengendara Kendaraan di Lembata Makin Sadar
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Kasat Lantas Polres Lembata, AKP Amrin 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Dulu banyak orang di Lembata, mungkin sesuka hati berkendara di jalan raya. Tapi sekarang tidak lagi. Kesadaran berkendara makin baik sehingga ketertiban berlalulintas kian baik dari hari ke hari.

Hal itu diungkapkan Kasat Lantas Polres Lembata, AKP Amrin, kepada POS- KUPANG.COM di Lewoleba, Rabu (28/11/2018). Amrin mengatakan itu ketika dikonfirmasi soal kesadaran berlalu lintas di daerah itu.

Dikatakannya, makin sadarnya masyarakat berkendara, merupakan wujud dari apa yang telah dilakukan kepolisian selama ini. Berkunjung ke sekolah-sekolah, merupakan salah satu kiat yang sering dilakukan.

18 Kontainer Semen Bosowa di Maumere Habis Sekejap

Sedangkan kiat lain yang selalu dilakukan setiap hari, lanjut Amrin, adalah mengatur lalulintas kendaraan di jalan raya.

Di Kota Lewoleba, misalnya, setiap pagi seluruh personel Satlantas Polres Lembata, dikerahkan ke jalan raya. Polisi lalu lintas itu bertugas pada sejumlah titik, terutama di dekat sekolah yang letaknya di pinggir jalan.

Miliki Senjata Api, Warga Desa Fatamuti Ini Serahkan Kepada Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL

Ada pun lokasi yang selalu dijaga aparat Satlantas setiap pagi, lanjut dia, adalah ruas jalan di depan pintu gerbang kompleks TK, SD dan SMP St. Don Bosco Lewoleba. Berikutnya pada pertigaan di depan Kantor Bank NTT Cabang Lewoleba.

Titik ketiga, lanjut Amrin, adalah di pertigaan persis di samping Kantor Telkom Lewoleba. Pada tempat ini, polisi mengatur arus kendaraan yang keluar masuk ke SMP Negeri 1 Lewoleba. Lokasi lainnya adalah di depan SD Negeri 1 Lewoleba persis di depan Toko Central.

Titik berikutnya adalah Pertigaan Wangatoa, Kelurahan Selandoro, depan SMA PGRI Lewoleba, di depan SMP Sta. Theresia Lamahora dan di depan SMA Frater Don Bosco Lewoleba di Lamahora, Kelurahan Lewoleba Timur.

"Pada tempat yang saya sebutkan ini, setiap pagi pasti kami terjunkan personel untuk mengatur lalulintas kendaraan. Selain mengatur arus kendaraan, polisi juga akan menyadarkan pengendara bila tidak tertib berlalulintas atau tidak menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor. Hal yang satu ini selalu kami lakukan sehingga kesadaran berlalulintas di Lembata, semakin baik dari hari ke hari," ujarnya.

Saat ini, lanjut Amrin, pihaknya sering patroli malam hari. Hal itu untuk mencegah pengendara yang tidak menggunakan lampu utama. Belum termasuk kelengkapan kendaraan yang diabaikan pengendara.

"Kami akan terus bekerja menyadarkan masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas. Menggunakan helm misalnya, itu wajib demi keselamatan pengendara selama berada di jalan raya. Begitu juga hal terkait lain, seperti tidak ugal-ugalan, taati rambu lalulintas dan lainnya," ujar Amrin. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved