Berita Sumba Barat Daya Terkini

263 Warga Sumba Barat Daya Mengidap  HIV/AIDS! Ini Penyebarannya

263 warga Kabupaten Sumba Barat Daya mengidapt HIV/AIDS. Para ODHA ini tersebar di 73 desa dari 175 desa se-Kabupaten Sumba Barat Daya.

263 Warga Sumba Barat Daya Mengidap  HIV/AIDS! Ini Penyebarannya
Pos Kupang.Com/Petrus Piter
Sekretaris KPAD Sumba Barat Daya, Jack Keremata sedang memberikan arahan sepintas sebelum pengambilan sampel darah 24 calon legislatif partai PBB SBD untuk mengecek HIV/AIDS di Hotel Sinar Tambolaka, SBD, Rabu (28/11/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, petrus piter

POS-KUPANG.COM/TAMBOLAKA---Sebanyak 263 warga Kabupaten Sumba Barat Daya mengidapt HIV/AIDS. Para ODHA ini  tersebar di 73 desa dari 175 desa se-Kabupaten Sumba Barat Daya.

Data tersebut terhitung per 25 Nopember 2018 dan terbanyak di Kecamatan Kota Tambolaka, Loura dan Kodi.

Sekretaris KPAD Kabupaten Sumba Barat Daya, Jack Keremata, S.H menyampaikan hal itu diselah-selah acara tes HIV/AIDS terhadap 24 calon legislatif Partai Bulan Bintang Kabupaten Sumba Barat Daya di aula Hotel Sinar Tambolaka, SBD, Rabu (28/11/2018).

Menurut Jack Keremata, selama beberapa tahun terakhir ini, pihaknya gencar turun langsung ke desa-desa melakukan sosialisasi bahaya HID/AIDS , pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dengan mengajak masyarakat memeriksakan diri lebih dini.

Diduga Konflik Desa Lela dan Kecamatan  Lela! ADD  Rp  1,5 Miliar  Tak Bisa Dicairkan

Bupati Stef: Lahan Pertanian Masyarakat Malaka Harus Dioptimalkan

Bila pemeriksaan awal positip maka disarankan warga tersebut melakukan pemeriksaan tahap II dan III guna memastikan positip terjangkit HIV/AIDS atau tidak sama sekali.

Jika ternyata warga tersebut positip terjangkit HIV/AIDS maka pihaknya akan memberikan konseling, perawatan dan pengobatan mencegah pertumbuhan virus HIV. Dengan demikian, virus tersebut tidak dapat menular ke orang lain.

Dan terhadap 263 warga penderita HIV/AIDS sedang dalam penanganan serius KPAD SBD. Saat ini, sudah ada yang sehat fisik dan bekerja seperti biasa.

Ia menambahkan dalam rangka memperingati HIV/AIDS tanggal 1 Desember 2018, KPAD SBD telah mengajak pihak perbankan, hotel dan BUMN/BUMD ikut berpartisipasi dengan memasang spanduk aktif tanggunglangi HIV /AIDS di SBD.

Pihaknya juga akan mengajak seluruh elemen masyarakat Sumba Barat Daya berpartisipasi mengkampanyekan penanggulangan HIV/AIDS tanggal 1 Desember 2018. Gerakan tersebut untuk menggugah rakyat SBD peduli terhadap bahaya HIV/AIDS. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved