Berita Kabupaten Manggarai Barat

Wisman Mendominasi Kunjungan ke TNK! Tren Wisatawan Nusantara Meningkat

Wisatawan Manca Negara masih mendominasi kunjungan ke kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) Labuan Bajo. Walaupun begitu, tren kunjungan Wisatawan Nusa

Wisman Mendominasi Kunjungan ke TNK! Tren Wisatawan Nusantara Meningkat
POS KUPANG/SERVATINUS MAMMILIANUS
Kepala Balai TNK Labuan Bajo, Budhy Kurniawan. 

Laporan Reporter POS--KUPANG.COM, Servatinus Mammilianus

POS--KUPANG.COM | LABUAN BAJO--Wisatawan Manca Negara (Wisman) masih mendominasi kunjungan ke kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) Labuan Bajo.
Walaupun begitu, tren kunjungan Wisatawan Nusantara (Wisnus) mengalami peningkatan, khususnya dalam tiga tahun terakhir.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Balai TNK Labuan Bajo Budhy Kurniawan, saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (27/11/2018).

"Pada tahun 2016 lalu, jumlah kunjungan sekitar 113 ribu wisatawan. Di tahun 2017 sekitar 127 ribu wisatawan dan 2018 hingga September, sebanyak 130 ribu wisatawan.

Baca: ‎Pemprov NTT Rencanakan Berlakukan Tarif Masuk Taman Nasional Komodo 500 Dollar

Dari jumlah itu, 60 persennya adalah wisatawan manca negara dan 40 persen wisatawan nusantara. Kunjungan wisatawan nusantara cendrung naik dari tahun ke tahun," kata Budhy.

Disampaikannya, pengelolaan TNK terus dibenahi dari waktu ke waktu, antara lain standarisasi kapal wisata, kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata, regulasi OSP dan lainnya.

"Itu yang sekarang sedang kami lakukan bersama dengan teman-teman pelaku pariwisata, Pemerintah Daerah dan elemen terkait lainnya," kata Budhy.

Dia menambahkan, semakin banyak kunjungan semakin banyak juga tantangan yang dihadapi dan butuh kerja sama dengan semua pihak untuk penanganannya.

"Tantangannya banyak, semakin banyak kunjungan maka dari sisi atau aspek konservasi menjadi banyak tantangan dalam pengawasan secara intensif. TNK tidak bisa bekerja sendiri. Semua pihak harus bersama-sama bekerja," kata Budhy.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved