Berita Kabupaten Kupang

Panselnas CPNS Agar Perhatikan Keluhan Daerah

minimnya hasil tes yang belum memenuhi kuota, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang mengharapkan panitia seleksi nasional (panselnas) mempertimb

Panselnas CPNS Agar Perhatikan Keluhan Daerah
POS KUPANG/EDY HAYONG
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kupang, Mesakh L. Feto. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI---- Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi peserta yang lolos seleksi administrasi CPNS 2018 untuk Kabupaten Kupang dalam tiga hari (6-8 Nopember), mendapatkan 42 orang dari kuota 339 kursi memenuhi passing grade.

Dengan minimnya hasil tes yang belum memenuhi kuota, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang mengharapkan panitia seleksi nasional (panselnas) mempertimbangkan keluhan dari daerah agar kuota yang disiapkan dapat terpenuhi.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kupang, Mesakh L. Feto menyampaikan hal ini kepada POS KUPANG.COM, Senin (26/11/2018).

Mesakh menuturkan, terkait hasil kelulusan CPNS yang menggunakan sistem passing grade yang belum memenuhi kuota, maka beberapa waktu lalu pihaknya mengajukan usulan ke Jakarta untuk dilihat kembali.

Atas usulan dari daerah-daerah di Indonesia maka telah dikeluarkan Permenpan RB Nomor : 61 tahun 2018 tentang optimalisasi pemenuhan kebutuhan, formasi PNS hasil seleksi tahun 2018. Dalam peraturan itu disebutkan soal diturunkannya nilai akumulasi passing grade tiga bidang itu menjadi : 255 melalui mekanisme perengkingan.

Baca: Perempuan Ini Sembunyikan Bayinya di Bawah Tempat Tidur Usai Melahirkan !Ini Penjelasan Orangtua

Baca: Sangat Jorok ! Sejumlah Ruangan di Tribun Lapangan Prailiu-Waingapu

"Saat ini wakil dari daerah sedang membahas bersama panselnas yang melibatkan BKN,  Kementerian PAN-RB, Kemendagri, BPKP Pusat. Mereka sedang bahas hasil tes SKD untuk divalidasi sebelum tes kompetensi bidang.

Harapan kita formasi harus diiisi, jadi tidak hanya   42 itu saja tapi kuota 339 kursi harus diisi. Kita masih tunggu hasil rapat di Jakarta, keputusan finalnya seperti apa," kata Mesakh.

Sebelumnya Mesakh menjelaskan, sesuai berita acara yang telah ditandatangani dari hasil tes CPNS Kabupaten Kupang, jumlah yang lolos passing grade sebanyak 42 orang.

Dari hasil ini tentu belum memenuhi kuota yang ada yakni 339 kursi. Total ini untuk formasi guru 209 kursi, tenaga kesehatan 100 orang dan tenaga teknis lain 30 orang.

"Kita sudah laporkan hasil tes CPNS kepada panitia nasional. Mengenai apakah ada penambahan lagi calon peserta yang lulus, kewenangan ada di Pusat.

Memang ada wacana soal penurunan angka passing grade dan perengkingan tapi itu keputusan ada di panitia nasional. Daerah hanya mengamankan apa yang menjadi keputusan di tingkat pusat," katanya.

Sebelumnya Mesakh mengatakan, hasil tes CPNS belum memenuhi harapan pemerintah setempat karena formasi yang disiapkan 339 kursi.

Sesuai syarat standar nilai untuk mencapai passing grade yakni tes wawasan kebangsaan (TKW) skor,  75,  tes intelektual umum (TIU) skor  80 dan tes Kepribadian Pribadi (TKP) skor 143. Peserta CPNS di Kabupaten Kupang yang lolos verifikasi administrasi oleh  Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sebanyak 4.661 orang. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved