Berita Kabupaten Lembata

Bupati Lembata Terima Penghargaan dari BNPB Pusat

penghargaan itu dianugerahkan setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat terhadap kinerja seluruh bupati/walikota se-Indonesia. Ki

Bupati Lembata Terima Penghargaan dari BNPB Pusat
istimewa
RAKOR KEBENCANAAN - Rapat Koordinasi (Rakor) Kebencanaan oleh Forum Penanganan Risiko Bencana di Hotel The Rich, Jogyakarta, Senin (26/11/2018). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur menerima penghargaan yang dianugerahkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat di Hotel The Rich, Daerah Istimewa (DI) Jogyakarta.

Penghargaan itu diberikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Penanganan Risiko Bencana di hotel tersebut, Senin (26/11/2018).

Kepala BPBD Kabupaten Lembata, Thomas Tip Des mengungkapkan hal tersebut, melalui telepon selulernya dari Jakarta ke Lewoleba, Senin (26/11/2018).

Thomas berada di Jakarta untuk urusan dinas. Sementara penyerahan penghargaan itu berlangsung di Jogyakarta.

Baca: Mau Tahu Mengapa Gubernur NTT Batalkan Tour de Timor ? Ini Alasannya

Dikatakannya, penghargaan yang dianugerahkan BNPB itu, hanya kepada 5 bupati/walikota se-Indonesia. Bupati/walikota penerima penghargaan itu, yakni Bupati Lembata, NTT, Eliaser Yentji Sunur, S.T, M.T, Bupati Bantul-Jogyakarta, Drs. H. Suharsono, Bupati Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Hj. Sri Mulyani, Bupati Agam, Sumatera Utara (Sumut) Indra Catri dan Walikota Denpasar ; Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE, M.Si.

Baca: Mau Tahu Mengapa Gubernur NTT Batalkan Tour de Timor ? Ini Alasannya

Dikatakannya, penghargaan itu dianugerahkan setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat terhadap kinerja seluruh bupati/walikota se-Indonesia.

Kinerja yang dinilai adalah kebijakan pemerintah daerah terhadap pencegahan dan penanganan kebencanaan. Berikutnya, adalah regulasi tentang kebencanaan di daerah.

Dan, Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, selama ini menaruh perhatian besar atas kebencanaan di daerah ini. Kebijakan dan regulasi yang dibuat itu menjangkau langsung pemerintah desa dan masyarakat yang ada di desa-desa.

Sebagai misal, kata Thomas Tip Desa, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) termuat juga soal adaptasi perubahan iklim.

Selain itu, ada pula Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 100/2017 tentang Pedoman Penyusunan APBDesa Tahun 2018. Dalam perbup itu termuat jelas tentang alokasi anggaran dana desa untuk aneka kegiatan terkait kebencanaan.

"Dari dua aspek itu, pemerintah pusat melalui BNPB melakukan penilaian dan hasilnya, Lembata memenuhi semua kriteria tentang perhatian pemerintah daerah terhadap kebencanaan di daerah. Olehnya BMPB menganugerahkan penghargaan kepada Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur," ungkap Thomas. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved