Berita NTT Terkini

‎Bawaslu NTT Sebut Daftar Pemilih Tetap  di NTT Belum Final! Ini Penjelasannya

DPT ini akan berpengaruh pula pada hasil pemilihan dan juga soal partisipasi pemilih. Karena itu diharapkan dalam waktu dekat semua DPT tidak lagi

‎Bawaslu NTT Sebut Daftar Pemilih Tetap  di NTT Belum Final! Ini Penjelasannya
pos kupang.com, oby lewanmeru
thomas jawa kpu ntt 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTT mengatakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu di NTT sampai saat ini belum final.
Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu NTT, Thomas M Djawa,S.H, Senin (26/11/2018).

Menurut Thomas, sampai saat ini juga, ‎masih ada kabupaten yang belum selesai pleno rekapitulasi DPT Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 , karena mengalami penundaan.

"DPT ini akan berpengaruh pula pada hasil pemilihan dan juga soal partisipasi pemilih. Karena itu diharapkan dalam waktu dekat semua DPT tidak lagi bermasalah," kata Thomas.

Baca: Bus AntarKota Tunggu Penumpang di Taman  Kota  Maumere

Tentang alasan belum selesainya pleno rekapitulasi DPTHP 2, ia mengakui, masih ada dua kabupaten yang belum selesai, yakni Kabupaten TTS dan Rote Ndao.

"Waktu pleno di KPU NTT itu, dua kabupaten ini mengalami penundaan," katanya.
Ditanyai soal kemungkinan bisa dilakukan penetepan DPTHP 3, Thomas mengakui, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi DPTHP 3.

Sedangkan‎ soal data pemilih sesuai DPTHP 2, ia mengatakan, sesuai data yang dikirim dari KPU RI, untuk NTT DPTHP 2 yang diturunkan KPU RI sebanyak 781, 930 pemilih dan dari jumlah itu, hasil pencermatan 233.322 pemilih dan baru dicoklit sebanyak 281.390 dan yang belum dicoklit sebanyak 548.607 pemilih.

Dikatakan, dari total data yang diturunkan dari KPU RI itu, ada 88,092 pemilih yang tidak ada di DP4 dan yang ada di DPTHP 1 sebanyak 59.748 pemilih.

‎"Saya kira ini perlu perhatian semua pihak, terutama KPU, parpol dan para caleg agar membantu proses perekaman e-KTP agar pemilih yang berhak menggunakan hak pilih bisa terakomodir," ujarnya. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved