Berita Kabupaten Ende

Pemda Ende Pasang Jaring di Drainase Menuju Laut ! Ini Tujuannya

Pemda Ende mulai tahun 2019 akan memasang jaring pengaman sampah yang dipasang di setiap drainase yang mengarah menuju ke laut. Hal ini dilakukan guna

Pemda Ende Pasang Jaring di Drainase Menuju Laut ! Ini Tujuannya
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Para pekerja dari PU Ende sedang membongkar material sampah yang tergenang di drainase, Jalan Melati, Sabtu (3/10/2018). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Pemda Ende mulai tahun 2019 akan memasang jaring pengaman sampah yang dipasang di setiap drainase yang mengarah menuju ke laut. Hal ini dilakukan guna menangkal adanya sampah yang mengalir ke laut sehingga dengan demikian laut yang ada di wilayah Kota Ende dapat terbebas dari sampah.

Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Jumat (23/11/2018) ketika dikonfirmasi mengenai upaya pemerintah dalam mengatasi sampah yang terjadi di laut dalam wilayah Kota Ende.

Baca: Ini Keberhasilan Manggarai Timur di Usia ke-11

Wabup Djafar mengatakan pihaknya merasa prihatin dengan kondisi laut yang ada di Kota Ende saat ini karena dipenuhi dengan sampah yang meluap dari dalam drainase.

Maka untuk menangkal aliran sampah dari dalam drainase pemerintah berencana akan memasang jaring pengaman yang berfungsi untuk menjaring apabila ada sampah yang meluap dari dalam drainase terutama ketika pada musim hujan.

“Nantinya di setiap drainase yang dipasang jaring itu kita siapkan peralatan untuk melakukan pembersihan sehingga sampah tidak bertumpuk di jaring,”kata Wabup Djafar.

Wabup Djafar ide pemasangan jaring tersebut dia lihat di beberapa kota besar di Pulau Jawa dan pemasangan itu membawa hasil positif maka ide yang baik tersebut coba diterapkan di Kota Ende serta diharapkan bisa berjalan baik sesuai rencana.

Menurut Wabup Djafar ide pemasangan jaring untuk menangkap sampah dari drainase yang menuju ke laut sebenarnya hanya untuk sementara namun sebenarnya yang paling utama adalah adanya kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembrangan di drainase dalam wilayah Kota Ende.

“Kota Ende berada pada kemiringan jadi apabila ada yang membuang sampah di drainase maka dapat dipastikan warga yang berada di dataran rendah menjadi korban aliran sampah,”kata Wabup Djafar.

Wabup Djafar mengaku merasa prihatin dengan kondisi sampah di Kota Ende karena selain merusak pemandangan juga dapat berakibat negatif bagi pelayanan publik seperti ada sampah yang meluap hingga ke bandara yang berujung pada terganggungnya aktifitas penerbangan pesawat karena landasan pacu dipenuhi dengan sampah.

Untuk mengatasi sampah yang terjadi di bandara jelas Wabup Djafar Pemda Ende juga berencana akan memasang jaring pengaman sampah di semua drainase yang mengarah menuju ke Bandara Ende masing-masing di ruas Jalan A Yani dan juga Jalan Gatot Subroto.

Ia  berharap dengan adanya jaring yang dipasang di drainase dapat menekan volume sampah yang meluap dari arah drainase menuju ke arah Bandara Ende.
“Untuk pemasangan jaring penangkap sampah awalnya kita pasang di area drainase menuju bandara lalu berikutnya drainase yang menuju ke laut,”kata Wabup Djafar. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved