Breaking News:

Berita Fashion

Ingin Tampilan Kalian Makin Gaul, Pakai Jaket Ini. Ini Loh Yang Terjadi

Tren jaket bomber kian digemari secara meluas di tengah masyarakat saat ini, terutama di kalangan pria dan wanita muda.

Penulis: Apolonia M Dhiu | Editor: Apolonia Matilde
IST
Jaket Bomber 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Jaket bomber lebih dari sekadar jaket yang dikenakan Jokowi. Tren jaket bomber kian digemari secara meluas di tengah masyarakat saat ini, terutama di kalangan pria dan wanita muda.

Bukan hanya karena tampilan viral Presiden Joko Widodo yang pernah mengenakannya di suatu kesempatan, jaket bomber menjadi tren juga karena pengaruh budaya populer global.

Banyak film yang menjadikannya bagian dari kostum. Banyak pula selebritas papan atas kerap terlihat mengenakannya di beragam kesempatan.

Baca: AMPIBI FKIP Undana Kupang Gelar Turnamen Futsal, Ini Jumlah Timnya

Ditambah lagi dengan bombardir berbagai desain jaket bomber lansiran panggung mode dunia membuat busana yang dahulu identik dengan dunia penerbangan ini bertahan sebagai tren selama beberapa tahun terakhir.

Salah satu fashion designer sekaligus Koordinator Timor Creative People (TCP) Model Kupang, Erwin Yuan melihat peluang dengan menjamurnya jaket bomber yang menjadi perhatian luas publik tersebut.

Namun, Erwin masih tetap dengan konsep yang berbeda, yaitu dengan memodifikasi tenun dengan bahan denim ataupun lurik Jawa sehingga memiliki ciri khas yang berbeda.

"Saya memiliki ide membuat jaket bomber tenun dengan brand Padu Padan Tenun karena ingin menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap tenun bagi pecinta jaket bomber," kata Erwin kepada Pos Kupang, Kamis (15/11/2018).

Baca: Komplotan Spesialis Pencuri Motor di Kampus Kota Kupang Dibekuk Polisi

"Kita jangan kalah dengan trend mode luar negeri, karena bangsa Indonesia memliki kekayaan budaya yang sangat luar biasa,sehingga kita harus bangga menggunakan produk lokal menjadi sebuah lifestyle dan perlu kita lestarikan terus," kata Erwin.

Menurut Erwin, dalam ranah fashion, jaket bomber sebenarnya telah cukup lama diminati, khususnya di kalangan anak muda penganut paham skinhead pada era 1980-an hingga awal 1990-an. Sempat ada jeda waktu selama satu dekade lebih ketika jaket bomber tidak lagi diminati khalayak.

Baru ketika diolah oleh tangan jenius Kim Jones untuk koleksi lini pria Louis Vuitton (spring/summer 2012), jaket bomber kembali mendapat respon pasar yang sangat positif.

Baca: Lagi Sholawatan Acara Maulid Nabi, Wanita Ini Lemas Lalu Meninggal

Sejak itu, Louis Vuitton pun selalu memasukkan unsur jaket bomber di setiap koleksi lini pakaian pria lansirannya. Lama kelamaan, berbagai rumah mode lainnya pun turut memasukkan hal serupa pada koleksi pakaian prianya, seperti jaket bomber lansiran Burberrry dan Valentino misalnya.

Bisa dibilang, jaket bomber adalah item fashion yang paling hype selama 2016 lalu. Baik cewek, apalagi cowok pasti suka dan menjadikan jaket bomber ini salah satu paduan pas berpakaian sehari-hari.

Baca: Cara Mudah Bikin Stiker WhatsApp Pakai Fotomu Sendiri, Gampang Banget!

Saat ini, kata Erwin, jaket bomber tenun sudah banyak peminatnya di Kota Kupang. Terbukti sejak launching dua minggu lalu, pecinta jaket bomber tenun sudah mulai memesan kepadanya, karena kebanyakan pembeli memesan untuk persiapan hari Natal dan Tahun Baru 2019.

Minat masyarakat yang membeli rata-rata karena keunikan dan kekinian dalam fashion. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved