Berita Kabupaten Lembata

Hasil Tes Kejiwaan Calon Sekda Lembata Sudah Ada ! Tapi Masih Rahasia

Tes kejiwaan bagi enam kandidat Sekda Lembata, sudah selesai sejak pekan lalu. Hasilnya tes itu juga sudah ada tapi sifatnya masih rahasia. Hasil tes

Hasil Tes Kejiwaan Calon Sekda Lembata  Sudah Ada ! Tapi Masih Rahasia
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
WAWANCARA -- Kandidat Sekda Lembata, Paskalis Tapobali (kanan) sedang diwawancarai saat tes kejiwaan di Hotel Lembata Indah Lewoleba, pekan lalu. 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Tes kejiwaan bagi enam kandidat Sekda Lembata, sudah selesai sejak pekan lalu. Hasilnya tes itu juga sudah ada tapi sifatnya masih rahasia. Hasil tes itu telah diserahkan kepada panitia yang nantinya digabung dengan hasil tes bidang lainnya.

Penjabat Sekda Lembata, Anthanasius Aur Amuntoda mengatakan hal tersebut ketika ditemui Pos Kupang di Lewoleba, Selasa (20/11/2018). Ia ditemui sebelum mengikuti presentasi makalah oleh para calon sekda itu di Hotel Lembata Indah- Lewoleba.

Dikatakannya, tes kejiwaan itu dilakukan oleh psikolog, Ibu Santi Soengkono dari Kupang. Dari tes itu sudah diketahui hasilnya. Bahkan nilai untuk masing-masing kandidat juga sudah ada.

Tes yang dilakukan oleh psikolog tersebut, kata Amuntoda, pernah dilakukan pula di Lembata. Saat itu, tes tersebut dalam rangka lelang jabatan yang diikuti seluruh pejabat eselon II, termasuk enam kandidat yang saat ini berkesempatan mengikuti seleksi calon Sekda Lembata.

"Jadi, hasil tes saat itu masih ada sampai sekarang dan itu menjadi pembanding dalam pelaksanaan tes kali ini. Hasilnya bisa naik, turun atau sama dengan hasil tes kali lalu," ujar Amuntoda.

Dikatakannya, hasil tes yang sedang dijalani masing-masing kandidat sekda itu, akan mendapatkan penilaian sesuai item yang diikuti. Tapi semua penilaian tersebut akan dihimpun lagi oleh panitia seleksi untuk diperoleh lagi nilai secara keseluruhan.

Dari totalitas penilaian itulah, kata Amuntoda, akan ditentukan tiga nama. Tiga nama kandidat tersebut nantinya diusulkan ke Jakarta untuk ditetapkan satu nama yang nantinya dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) definitip di Lembata.

Saat ini, kata Amuntoda, pihaknya belum tahu tiga nama kandidat yang berpeluang diusulkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Cahyo Kumolo untuk ditetapkan satu nama sebagai Sekda Lembata. Tapi enam kandidat itu punya peluang yang sama dalam merebut tiga tiket ke Jakarta itu.

"Bagi saya, enam kandidat ini punya peluang yang sama dalam seleksi Sekda Lembata ini. Mereka juga punya kemampuan yang sama dan siap untuk jabatan tersebut. Jadi kita ikuti saja perkembangan ke depan seperti apa," ujar Amuntoda. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved