Berita Bisnis

Festival Belanja 11.11 dan Tren Masyarakat Indonesia Berbelanja Online dengan Ponsel Pintar

Konsumen di Indonesia rela begadang untuk berburu barang-barang diskon selama masa promosi. Flash sale jam 00.00 WIB pun laris manis diserbu konsumen.

Penulis: Agustinus Sape | Editor: Agustinus Sape
Dok. Visa/Kompas.com
Ilustrasi belanja online 

Konsumen di Indonesia rela begadang untuk berburu barang-barang diskon selama masa promosi. Flash sale jam 00.00 WIB pun laris manis diserbu konsumen.

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Sejumlah e-commerce yang berpartisipasi dalam festival belanja 11.11 pada tanggal 11 November 2018 meraup keuntungan besar. Peningkatan jumlah pembelian mencapai 5-8 kali.

Seperti diberitakan Kompas.com, beberapa e-commerce bahkan menawarkan potongan harga yang cukup tinggi melalui flash sale di jam-jam tertentu.  

Konsumen di Indonesia rela begadang untuk berburu barang-barang diskon selama masa promosi. Flash sale jam 00.00 WIB pun laris manis diserbu konsumen.

Festival belanja 11.11 sudah dimulai sejak 25 Oktober 2018.

Tim iPrice membandingkan traffic pengguna iPrice Indonesia pada hari tersebut dengan traffic pada bulan lalu.

Dengan begitu, data yang didapatkan tidak dipengaruhi promosi yang dilakukan pihak e-commerce manapun.

Menurut data yang didapat, trafik pada 10 November 2018 mengalami kenaikan sejak pukul 22.00 WIB dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Baca: Maulid Nabi - Kumpulan Ucapan dan Doa Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal Petang Ini

Trafik pada hari normal biasanya menurun dari pukul 21.00 WI hingga 04.00 WIB. Namun, data pada 10 November 2018 menunjukkan bahwa traffic mulai naik sejak pukul 22.00 WIB dan menjulang pada pukul 23.00 WIB.

Ini menunjukkan peningkatan 50 persen jika dibandingkan dengan hari normal.

Dengan data ini, bisa diasumsikan bahwa orang Indonesia menunjukkan antusiasme mereka terhadap festival belanja, dibuktikan dengan lonjakan yang terjadi pada traffic online beberapa jam sebelum puncak festival belanja dimulai pukul 00.00 WIB.

Data iPrice menunjukkan, traffic terbesar pada festival belanja bukan pukul 00.00 WIB. Padahal, banyak e-commerce yang melakukan flash sale yang dimulai tepat pukul 00.00 WIB.

Ternyata, trafic tertinggi pengunjung e-commerce pada pukul 20.00 WIB, dengan perbedaan sebesar 40 persen dengan trafik pada hari normal, sebelum festival belanja berlangsung.

Hal ini bisa jadi disebabkan banyaknya promo dadakan yang ditawarkan berbagai e-commerce pada jam-jam terakhir masa promosi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved