Berita Kabupaten Kupang

Kaum Ibu Desa Mata Air Gembira Dapat Bantuan Dana Desa

usaha tenun ikat dan kuliner ini baru dikembangkan tahun 2018 dengan bantuan modal dari dana desa.

Kaum Ibu Desa Mata Air Gembira Dapat Bantuan Dana Desa
KOMPAS.COM
Ilustrasi rupiah 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS- KUPANG.COM I MATA AIR---Kaum ibu di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang gembira mendapatkan bantuan dana desa untuk pemberdayaan ekonomi. Bantuan modal ini untuk usaha tenun ikat dan kuliner bagi lima kelompok tiap jenis usaha itu.

Wakil ketua PKK Desa Mata Air, Agustensi Ndun, menyampaikan hal ini kepada wartawan, Sabtu (17/11/2018).

Agustensi menjelaskan, usaha tenun ikat dan kuliner ini baru dikembangkan tahun 2018 dengan bantuan modal dari dana desa. Usaha ini untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat yang ditangani PKK desa. 

Baca: Sumba Barat Daya Diguncang Gempa Tiga Kali

Baca: Inggrid Senang Menari saat Jemput Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos di Gurusina

Baca: Waspadai Gelombang Setinggi Dua Meter di Beberapa Perairan di NTT Hari Ini

Baca: Cuaca Aktual Penerbangan di Bandara El Tari Cerah Berawan

Baca: Zack Lee: Saya Tidak Pacari Vegan! Ada Apa Ini?

Tenun ikat terdiri dari lima kelompok dimana perutusan dari setiap dusun karena ada lima dusun di Desa Mata Air. Ada  lima kelompok tenun ikat dan lima kelompok kreatifitas kuliner dengan jenis usaha pembuatan   stik rumput laut, marungga, coklat marungga, dodol pisang.

"Tiap kelompok 10 anggota yang utusan dari lima dusun yang ada.  Setelah kami kerja, hasil usaha itu dijual di bumdes. Dana penjualan itu nanti digulirkan lagi ke kelompok, jadi sistem bergulir," katanya.

Menurutnya, dana desa yang diberikan ke kelompok melalui TPK setelah diasistensi di tingkat kabupaten. Bahan baku TPK yang belanjakan. Bantuan dana ini sangat membantu kaum ibu karena selama ini kaum ibu berusaha sendiri di rumah dan sistem penjualan secara perorangan. Ketika ada dana desa, PKK mengajukan usulan di   musrenbangdes dan ditanggapi positif oleh pemerintah desa.

"Kami senang dengan bantuan dana desa ini. Karena selama ini berusaha tapi modal tidak ada makanya kaum ibu kerja musiman. Dengan bantuan dana desa talenta kaum ibu bisa dikembangkan di kelompok," katanya.(*)

 

 
  

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved