Berita Kabupaten Sumba Barat

Cegah TKI Ilegal, Semua PJTKI Dan PPL Wajib Daftar Di Nakertrans

Petugas perekrut lapangan langsung menghilang dan pindah menjadi staf di perusahaan pengiriman tenaga kerja

Cegah TKI Ilegal, Semua PJTKI Dan PPL Wajib Daftar Di Nakertrans
POS KUPANG/ENOLD AMARAYA
Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat periode 2016-2021, Drs. Agustinus Niga Dapawole (kanan) dan Marten Ngailu Toni, SP (kiri) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM|WAIBAKUL--Bupati Kabupaten Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole mengatakan, untuk mencegah pengiriman tenaga kerja secara ilegal keluar Sumba dan demi memudahkan pengontrolan maka semua perusahaan perektrut TKI/TKW beserta nama-nama perekrut lapangan (PPL) wajib mendaftarkan diri di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumba Barat.

Dengan demikian, bila ada persoalan maka bukan hanya perusahaan yang dibekukan aktivitasnya tetapi juga para perekrut lapangan TKI/TKW tersebut diblacklist. Pengalaman selama ini, kalau ada persoalan, petugas perekrut lapangan langsung menghilang dan pindah menjadi staf di perusahaan pengiriman tenaga kerja lainnya.

Bupati Kabupaten Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole menyampaikan hal itu kepada wartawan usai menghadiri sidang paripurna DPRD Kabupaten Sumba Tengah dengan agendak mendengarkan pidato bupati dan wakil bupati Kabupaten Sumba Tengah periode 2018-2023, Drs.Paulus SK Limu-Ir.Daniel Landa di kantor DPRD Sumba Tengah, Jumat (16/11/2018).

Menurutnya, kebijakan baru tersebut untuk menutup permainan kotor yang dilakoni petugas perekrut lapangan selama ini. Misalnya TKI/TKW belum cukup umur tetapi dimanipulasi, janji gaji besar dan sebagainya. Perilaku tipu muslihat petugas perekrut tenaga kerja lapangan harus diatur agar tidak seenaknya.

Artinya kalau bermasalah maka petugas perekrut TKI/TKW tersebut diblacklist pula. Dengan demikian, petugas bersangkutan tidak bisa pindah bekerja di perusahan lain karena sudah diblacklist dan wajahnya terpampang di masyarakat.

Untuk itu, ia meminta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumba Barat Bupati mendata seluruh PJTKI yang beroperasi di wilayah Sumba Barat termasuk pula tenaga perekrut lapangan TKI/TKW tersebut.

Semua PPL harus didata identitasnya secara detail dan difoto pula. Hal itu untuk memudahkan pengawasan. Bila suatu saat terjadi masalah fatal maka perusahan dan tenaga PPL diblcaklist. Nama dan foto diumumkan ke publik. Dengan demikian, ppl tersebut tidak bisa lagi pindah dan bekerja di PJTKI lainnya. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved