Berita Lifestyle

Cacatan Penelitian : Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Mainan untuk Si Kecil

menurut penelitian dari Blue Sky Science, bermain pun penting untuk mendukung perkembangan Si Kecil.

Cacatan Penelitian : Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Mainan untuk Si Kecil
Thinkstock/Con Tanasiuk
Thinkstock/Con Tanasiuk Ilustrasi warna pada mainan anak 

POS-KUPANG.COM--Bermain tak hanya membuat Si Kecil senang, tapi menurut penelitian dari Blue Sky Science, bermain pun penting untuk mendukung perkembangan Si Kecil.

Beberapa perkembangan Si Kecil yang dapat dilatih menggunakan mainanmeliputi perkembangan kognitif, sosial dan emosional, serta bahasa.

Dari sebuah mainan, Si Kecil juga bisa sambil belajar, asalkan Moms memilihmainan yang sesuai dengan usia Si Kecil.

Sebab, jika mainan yang diberikan pada Si Kecil tidak sesuai usia, hal itu akan berdampak pada psikologis Si Kecil yang tidak berkembang baik.

Baca: Polisi Beberkan Kondisi Ratna Sarumpaet Saat Ini

Hal tersebut sesuai dengan ungkapan psikolog anak Saskhya Aulia Prima, M.Psi yang menyatakan jika mainan yang diberikan pada Si Kecil tidak sesuai usia bisa memicu rasa stres dan bosan.

"Sesuatu yang kelebihan dan kekurangan itu hasilnya tidak baik. Jadi anak ga nangkap apa-apa. Efek psikologisnya anak bisa stres dan bosan," ujar Saskhya dalam peluncuran koleksi mainan khusus liburan 2018 oleh Early Learning Centre (ELC).

"Sebenarnya usia itu menggambarkan seperti kemampuan apa yang dia punya saat itu, misalnya anak umur 8 tahun, tapi mainan melatih menghitung untuk anak 3 tahun, nantinya dia sendiri ga nambah apa-apa. Begitu juga dengan anak 3 tahun yang diberi mainan 8 tahun, mereka juga jadi ga nambah apa-apa," lanjut Saskhya saat ditemui pada Rabu (14/11/2018).

Maka dari itu, Moms harus memberikan mainan sesuai umur Si Kecil, serta pastikan mainan tersebut membantu perkembangan Si Kecil.

Lagi pula, apabila mainan untuk anak dewasa diberikan kepada anak yang lebih kecil, hal itu berisiko bahaya untuk Si Kecil terutama jika mainan tersebut memiliki bentuk yang kecil.

"Misalnya anak sekarang sedang aktif oralnya, benar-benar semua dimasukin ke mulut. Kalau kita kasih mainan yang tidak sesuai dengan usianya, bahaya bisa tertelan kalau mainan itu kecil-kecil atau printilan," kata Noella Birowo dari TigaGenerasi.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved