Berita Internasional

Mau Cegah Tindak Pidana Suap Dan Korupsi di NTT Dengan Sistem ISO 37001:2016, Manjurkah?

Mau cegah tindak pidana suap dan korupsi di NTT dengan penerapan sistem ISO 37001:2016, manjurkah?

Mau Cegah Tindak Pidana Suap Dan Korupsi di NTT Dengan Sistem ISO 37001:2016, Manjurkah?
ist
Kepala Badan Sertifikasi Internasional Anti Suap, Ir. Karel Karni Lando 

POS-KUPANG.COM - Mau cegah tindak pidana suap dan korupsi di NTT dengan penerapan sistem ISO 37001:2016, manjurkah?

Salah satu upaya pencegahan tindak pidana suap dan korupsi adalah dengan menerapkan standar ISO 37001:2016 tentang anti-bribery management system atau sistem manajemen anti suap dalam organisasi pemerintah dan swasta.

Cara ini dianggap efektif dalam  meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi dan suap. 

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, 12 November 2018, Pisces Hati-Hati, Aries Kencangkan Ikat Pinggang

Apa itu ISO 37001:2016 dan bagaimana ISO dimaksud bisa efektif mencegah tindak suap dan korupsi, hal ini akan dibahas tuntas dalam seminar nasional anti korupsi dan anti suap dan anti korupsi, yang akan diselenggarakan Harian Pagi Pos Kupang dan Badan Sertifikasi Internasional Anti Suap RINA Indonesia, pada hari Selasa (13/11/2018) pagi.

Seminar ini bakal menghadirkan 5 orang pembicara handal yakni Gubernur NTT, Viktor B Laiskodat, SH,M.Si dan atau Wakil Gubernur NTT, Drs. Yosep Naesoi; Walikota Kupang, Dr. Jefry Riwu Kore; Kepala Badan Sertifikasi Internasional Anti Suap, Ir. Karel Karni Lando, serta RINA Certification Asia Region, Fiato Luigi. Serta Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar, Syafril Daulay.

Dalam seminar nasional itu, Gubernur NTT dan Walikota Kupang bakal mengungkapkan komitmen dan strategi dalam upaya meminimalisir kasus suap dan korupsi di NTT dan Kota Kupang.

Karel akan menjelaskan mengenai pemberlakuan standar ISO 37001:2016. Fiato Luigi menjelaskan soal peranan lembaga RINA dalam upaya meminimalisir korupsi dan suap di Indonesia.

Sedangkan Kepala BBKP Makassar, Syafril Daulay juga akan membeberkan manfaat penerapan ISO 37001:2016 pada organisasinya. BBKP Makassar merupakan organisasi pertama di Indonesia yang telah menerapkan ISO 37001:2016.

Baca: Musim Hujan Tiba, Jauhi 5 Makanan Ini Karena Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Walikota Kupang, DR. Jefry Riwu Kore menyambut baik kegiatan seminar nasional dimaksud. DR. Jefry berharap kegiatan ini bisa menghasilkan rekomendasi dalam penerapan anti suap dan anti korupsi di wilayah Kota Kupang dan di daerah NTT lainnya.

"Semoga ada rekomendasi yang baik dalam seminar nasional anti suap dan anti korupsi ini," harap DR. Jefri, beberapa hari yang lalu.

Halaman
12
Penulis: OMDSMY Novemy Leo
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved