Berita Kota Kupang Terkini

Masalah Sampah, Obed Kadji Minta Masyarakat Jaga Perilaku

Masalah sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab dinas kebersihan saja, tapi juga masalah bersama.

Masalah Sampah, Obed Kadji Minta Masyarakat Jaga Perilaku
POS-KUPANG.COM/Ambuga Lamawuran
Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kupang, Obed Kadji 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Masalah sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab dinas kebersihan saja, tapi juga masalah bersama.

Perilaku hidup yang baik dengan tidak membuang sampah sembarangan, akan menciptakan lingkungan yang bersih.

Meskipun hujan sederas dan seberapa lamapun, bila perilaku tetap dijaga untuk membuang sampah pada tempatnya, maka tidak akan terjadi penimbunan sampah di titik-titik tertentu.

Baca: Logistik Pemilu, 4.551 Kotak Suara Tiba di KPU Sikka

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kupang, Obed Kadji, kepada wartawan, Senin (12/11/2018), mengatakan masyarakat harus menjaga perilaku untuk tidak membuat sampah di selokan dan di kali untuk mengatasi masalah sampah pra hujan.

Bila perilaku itu bisa dijaga maka hujan mau berapa lama pun tidak ada masalah. Namun, para petugas kebersihan selalu siap untuk mengatasi kebersihan di Kota Kupang, meskipun tenaga terbatas.

Baca: Pemkot Berikan 10 Jenis Logistik ke Warga Terdampak Bencana Hujan Angin

"Jangankan hujan, mendung pun pasukan sudah turun tapi pasukan terbatas. Mereka kerja rutin terus turun lagi, kemarin kami di El Tari. Sore ini kita turunkan pasukan lagi," ujarnya.

Ia meminta kepada warga bila terjadi penimbunan sampah, maka bisa berkoordinasi dengan RT/RW dan lurah. Karena menurutnya, lurah tidak pernah berkoordinasi dengan dinas kebersihan terkait titik-titik mana yang menjadi tempat berkumpulnya sampah.

"Selama ini terkait sampah kita dibantu oleh media. Saya ditolong oleh wartawan yang memberitahu ada sampah. Lurah tidak ada koordinasi. Maka dari itu jika ada sampah maka koordinasikan sehingga dinas bisa membawa armada untuk mengangkutnya," ujarnya. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved