Berita Rekrutmen CPNS 2018

Baru 7 Peserta Lolos Tes CPNS di Kabupaten Lembata

Sampai hari kedua pelaksanaan tes CPNS di Kabupaten Lembata, Senin (12/11/2018), baru 7 dari 800 peserta yang lolos passing grade

Baru 7 Peserta Lolos Tes CPNS di Kabupaten Lembata
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Aparat Polres Lembata sedang memeriksa peserta saat memasuki ruang tes CPNS di Aula Kantor Bupati Lembata, Senin (12/11/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Sampai hari kedua pelaksanaan tes CPNS di Kabupaten Lembata, Senin (12/11/2018), baru 7 dari 800 peserta yang lolos passing grade dalam seleksi tertulis CPNS di daerah itu.

Tujuh peserta itu, yakni empat peserta lolos pada hari pertama, Minggu (11/11/2018) dan tiga peserta lagi lolos di hari kedua, sesi ke-4 ujian di hari kedua, Senin (12/11/2018).

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD-PSDM) Kabupaten Lembata, Patris Udjan, ketika dihubungi POS-KUPANG.COM, Senin (12/11/2018).

Baca: 72 Taruna Baru Siap Mengasah Keterampilan di Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang

Dikatakannya, pada hari pertama tes CPNS, yang lolos passing grade hanya 4 orang dari 400 peserta. Yang lolos tes itu, yakni 2 peserta pada shift pertama, dan dua peserta lagi masing-masing pada shift kedua dan ketiga. Sedangkan pada tes shift terakhir, tak ada satu pun yang lolos.

Demikian juga pada tes hari kedua. Untuk shift pertama, dari 100 peserta ujian, tak satu pun yang lolos passing grade. Yang lolos baru pada shift kedua, ketiga dan shift ke-4. Sementara shift terakhir, yakni ke-5 belum diketahui karena hingga pukul 17.00 Wita, ujiannya masih berlangsung.

Baca: DPRD TTU Minta Pemerintah Pusat Sikapi Masalah Banyak Peserta tak Memenuhi Passing Grade

"Jadi untuk Kabupaten Lembata, baru 7 peserta yang lolos passing grade. Kami berharap peserta yang belum ikut tes, lebih mempersiapkan diri secara baik sehingga bisa menjawab semua soal secara baik," ujar Patris Udjan.

Pihaknya sulit memprediksi seberapa banyak peserta yang akan lolos dalam seleksi tertulis ini. Sebab semuanya berpulang pada masing-masing peserta. Prinsipnya, lanjut dia, hanya peserta yang sudah menyiapkan diri secara baik, yang berpeluang lolos dalam tes kompetensi dasar ini.

Pada seleksi tertulis tersebut, lanjut Patris, untuk tes wawasan kebangsaan (TWK), nilai yang harus diraih peserta adalah 75. Tes Intelegensia Umum (TIU) nilainya 80 dan Tes Karakteristrik Pribadi (TKP) nilai yang harus diraih 143. Nilai untuk 3 aspek ini kalau diakumulasikan mencapai 298.

"Kalau para peserta tidak mencapai standar kelulusan sebagaimana yang ditetapkan dalam 3 komponen itu, yakni TWK 75, TIU 80 dan TKP 143, maka peserta yang bersangkutan tidak lulus. Jadi yang lulus itu hanya peserta yang meraih nilai sesuai standar nilai yang ditetapkan tersebut," ujar Patris. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved