Berita Nasional Terkini

Formappi: Ribuan Caleg pada Pemilu 2019 Enggan Publikasikan Identitas

Formappi mengungkap bahwa banyak caleg yang berkontestasi pada Pemilu 2019 enggan untuk mempublikasikan identitas diri secara lengkap.

Formappi: Ribuan Caleg pada Pemilu 2019 Enggan Publikasikan Identitas
KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Peneliti Formappi, Lucius Karus dalam sebuah diskusi di kantor Populi Center, Jakarta Barat, Kamis (8/11/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Hasil penelitian Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) mengungkap bahwa banyak calon anggota legislatif (caleg) yang berkontestasi pada Pemilu 2019 enggan untuk mempublikasikan identitas diri secara lengkap.

Peneliti Formappi, Lucius Karus mengatakan, dari penelusuran daftar caleg sementara (DCS) dan daftar caleg tetap (DPT), terdapat 3.531 caleg yang tidak mempublikasikan data profilnya. Sementara, hanya 4.460 caleg yang memiliki punya data profil lengkap.

"Kami mencatat hanya 4.460 caleg yang punya data profil. Ada 3.531 caleg tidak mau data profilnya dipublikasi," ujar Lucius dalam sebuah diskusi di kantor Populi Center, Jakarta Barat, Kamis (8/11/2018).

Baca: Jaksa KPK Siapkan 1.211 Lembar Surat Tuntutan untuk Zumi Zola

Lucius menilai fenomena caleg yang tidak mempublikasikan identitas justru akan menyulitkan masyarakat dalam memilih.

Pemilih sulit untuk menelusuri rekam jejak seorang caleg yang akan dipilih. Ia menduga tidak dipublikasikannya identitas para caleg merupakan kebijakan partai politik. Sebab, kata Lucius, ada satu partai politik yang tidak mempublikasikan satu pun identitas dari seluruh caleg yang diusung.

Baca: Ini Pagu Dana untuk 88 Paket Proyek yang Dilelang di ULP TTU

"Apa yang kemudian jadi acuan pemilih kalau calegnya sendiri tertutup kepada pemilih dan sulit untuk membayangkan jika dari satu parpol semua calegnya punya kelakuan yang sama. Ini pasti jadi kebijakan parpol," kata Lucius. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved