Breaking News:

Berita Regional Terkini

Gubernur Maluku Kecewa Peserta Tes CPNS Tahap Pertama yang Lolos hanya 8 Orang

Gubernur Maluku, Said Assagaff mengaku kecewa dengan hasil SKD berbasis CAT tahap pertama yang diikuti ratusan pelamar CPNS

Editor: Kanis Jehola
KOMPAS/LASTI KURNIA
Ilustrasi tes CPNS 

POS-KUPANG.COM | AMBON - Gubernur Maluku, Said Assagaff mengaku kecewa dengan hasil Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) tahap pertama yang diikuti ratusan pelamar CPNS di Maluku.

Dari 900 pelamar yang mengikuti SKD dan CAT pada tahap pertama yang berlangsung pada Senin (5/11/2018), hanya 8 orang di Provinsi Maluku yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tahap selanjutnya.

"Metode seleksi menggunakan CAT dengan standar kelulusan sesuai passing great, justru menyulitkan para peserta untuk lolos ke tahap berikutnya," kata Said kepada wartawan di Ambon, Selasa (6/11/2018).

Baca: Polisi Tangkap Enam Pelaku Pembobol ATM

Dia mengaku Povinsi Maluku saat ini sangat membutuhkan pegawai, sehingga pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) tidak semestinya menerapkan angka kelulusan berdasarkan standar nasional.

"Kalau bisa diturunkan, jangan gunakan angka nilai itu sesuai standar nasional di Maluku," ujarnya.

Baca: Rosa Meldianti Laporkan Balik Tantenya Dewi Perssik, Ini Kasusnya

Menurut Said, standar kelulusan yang dipatok sangat tinggi membuat hasil tes SKD dan CAT yang diikuti para pelamar dari Maluku sangat tidak sesuai dengan harapan.

Pemerintah daerah di Maluku kata dia juga sangat mengeluhkan hasil tersebut. "Coba lihat hasil tes, jumlah kelulusan peserta tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita semua terutama pemerintah daerah," kata Assagaff.

Dia pun berharap agar pemerintah pusat kedepan dapat memperbaiki sistem dan standarisasi kelulusan untuk penerimaan CPNS di Maluku.

Sebab standarisasi kelulusan yang dipatok terlampau tinggi, sementara alokasi waktu yang diberikan sangat sedikit.

"Lagi-lagi karena passing gradenya itu terlalu tinggi. Sementara waktu pekerjaan soalnya hanya 90 menit," ujarnya.

Terkait hasil tersebut, Said meminta kepada peserta yang belum mengikuti tes agar tetap bersemangat dan giat belajar serta ikhlas menerima hasil yang diterima.

"Semoga kedepannya pemerintah pusat bisa merubah seleksi penerimaan CPNS yang sangat menyulitkan ini," harapnya. (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved