BeritaCPNS 2018

Hingga Memasuki Hari Ke-4, Baru 7 Peserta Yang Mampu Lolos Passing Grade

Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar ( SKD) peserta CPNSD lingkup Pemkab TTS memasuki hari ke empat

Hingga Memasuki Hari Ke-4, Baru 7 Peserta Yang Mampu Lolos Passing Grade
POS KUPANG/DION KOTA
Nampak para peserta sedang serius mengerjakan soal tes SKD di gedung CAT Pemda TTS

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POS-KUPANG.COM|SOE – Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar ( SKD) peserta CPNSD lingkup Pemkab TTS memasuki hari ke empat, Selasa ( 6/11/2018).

Total tiga hari penyelenggara tes SKD yang berlangsung di gedung CAT Pemda TTS diikuti oleh 1.530 peserta.

Dari jumlah tersebut, baru tujuh peserta yang mampu mencapai nilai passing grade. Sedangkan sisanya, harus pulang dengan rasa sedih dan penyesalan karena gagal mencapai passing grade.

Baca: Lima Fakta Reino Barack Putus Hubungan dengan Luna Maya. Nomor 1 Masih Misteri

Baca: KKI NTT Raih Medali Emas Dalam Kejurnas di Jawa Timur

Baca: GMNI Belu Desak Bupati Belu Urus Air Minum Bersih Bagi Masyarakat

Baca: Dua Daerah di NTT Diprediksi Terjadi Hujan Lokal. Apa Daerah Kamu Juga Ya?

Ke tujuh peserta yang mampu lulus passing grade yaitu, Kurnia Nur Prawati dengan nilai TWK 100, TIU 90 dan TKP 143 total skor 333, Simun Tuke dengan nilai TKW 75, TIU 80 dan TKP 147 total skor 302, Adriana ‎TWK 100, tes Intelegensi umum ( TIU) 100 dan tes kepribadian ( TKP) TKP 146 total skor 346, Yerobeam Deotrefes Nauf TWK 115, TIU 95,TKP 145 total skor 355, Adriana Boko TWK 110, TIU 85, TKP 145 total skor 340, Penina Kikhau TWK 105, TIU 85, TKP147 total skor 337 dan Meitripah Kase TWK 90, TIU 80 dan TKP143 total skor 313.

TKP menjadi jenis mata tes dengan jumlah peserta gagal terbanyak. Diikuti TIU dan TWK. Waktu yang dinilai terlalu singkat untuk soal dengan narasi panjang dituding sebagai biongkerok kegagalan para peserta dalam mencapai passing grade.

Olpi Kabnani, salah satu peserta tes SKD mengatakan, waktu yang terlalu singkat membuat dirinya tak mampu bekerja maksimal dalam menyelesaikan soal SKD. Narasi dalam soal SKD dinilai terlalu panjang sehingga membutuhkan waktu untuk membaca soal. Selain waktu, dirinya mengaku, persiapan yang kurang matang menjadi penyebab dirinya tak mampu mendapat hasil yang maksimal dalam SKD.

Baca: Menutup Lokalisasi tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Baca: Penjabat Sekda Matim : Peserta Yang Capai Passing Grade Sudah 4 Orang

Baca: Seleksi CPNS, Passing Grade Berlaku Nasional, Peserta yang Lulus Passing Grade Belum Capai 100

Baca: Yulianus Yakin Lulus Karena Sudah Persiapkan Diri Secara Baik

Baca: Brankas Kantor BPSDM NTT Dibobol Maling, Lebih Dari Rp 230 Juta Raib

" waktunya terlalu singkat kakak, 1 soal harus kita selesaikan kurang dari satu menit. Sedangkan narasi soal sangat panjang. Kapan kita baca selesai soal, kapan jawab lagi. Belum lagi persiapan saya kurang matang membuat saya tidak mampu meraih hasil maksimal. Dari tiga jenis tes dalam SKD, hanya tes wawasan kebangsaan yang mampu saya lewati passing gradenya. Sedangkan TIU dan TKP, nilai saya tidak mencapai passing grade," ujarnya.

Hari ini, tes SKD akan kembali digelar dengan jumlah peserta 510 peserta yang dibagi kedalam enam sesi. Kepala BKD Kabupaten TTS, Linda Fobia meminta para peserta yang belum mengikuti tes SKD untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Lakukan Simulasi sendiri di rumah agar mampu mengerjakan soal 100 nomor dalam waktu 90 menit.

" Usai belajar, harus buat simulasi sendiri di rumah sehingga bisa mengasah kemampuan kita untuk mengerjakan 100 soal dalam waktu 90 menit. Persiapkan mental dengan baik agar menekan rasa gugup saat ujian nantinya," imbaunya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved