Berita Kota Kupang Terkini

Dukcapil Kota Kupang Dukung Program GISA Pemprov NTT

Provinsi NTT melaksanakan pencanangan atau launching program GISA, yaitu Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan.

Dukcapil Kota Kupang Dukung Program GISA Pemprov NTT
POS-KUPANG.COM/Ambuga Lamawuran
Warga memadati lantai 1 Gedung Sasando, Kota Kupang, untuk melakukan perekaman E-KTP, Sabtu (3/11/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Provinsi NTT melaksanakan pencanangan atau launching program GISA, yaitu Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan.

Pada launching GISA tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Kupang diminta untuk mengeksekusi perekaman dan pencetakan di Provinsi.

"Kami berhasil melaksanakan pendaftaran 800 pemohon wajib e-KTP dan perekaman 800 serta pencetakan 400. Kemarin itu kami melakukan rekam dan cetak sebanyak 400," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Kupang, David Mangi, kepada wartawan, di Kantor Walikota Kupang, Senin (5/11/2018).

Baca: Sekarang, Walikota Kupang Bisa Pantau Lalu Lintas Kendaraan dari Ruangannya

David mengatakan ini adalah bentuk sinergi antara pemerintah provinsi, yaitu dukcapil kota dan provinsi.

Ia menjelaskan terkait blanko yang digunakan untuk kepentingan perekamanan dan pencetakan di provinsi, Dukcapil kota mendapatkan kiriman dari Kemendagri sebanyak 2.000 keping.

Baca: Pekerja Proyek Irigasi Tewas Tertimbun Pasir dan Batu di Wae Mantar

"Habis terpakai 1.000 keping dan tersisa 1.000. Hari ini mulai start dengan blanko yang tersisa, diperkirakan akan habis dalam dua hari ke depan, karena pencetakan sehari bisa tembus 300 sampai 400," tuturnya.

Dukcapil Kota Kupang juga melakukan upaya jemput bola dengan pelayanan perekaman e-KTP keliling. Setiap minggu titik pelayanan keliling selalu diganti.

Minggu lalu, kata David, di kecamatan Alak dan minggu ini di kecamatan Maulafa. Titik pertama selama tiga hari di Kecamatan Maulafa, tiga hari berikutnya di titik-titik lain yang masih dalam wilayah kecamatan tersebut.

"Satu kecamatan satu minggu, di Alak titik pertama sekitar 600 pelayanan dan titik kedua 600,dalam satu minggu baik kecamatan maupun titik menjemput bola hampir 2.000," ujarnya. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved