Berita Kota Kupang

Tren Kecelakaan Lalu Lintas Kota Kupang Meningkat! Ini Penyebabnya

bulan Oktober 2018, tercatat terjadi 38 kecelakaan di Kota Kupang. Angka ini meningkat 22,5% dari angka kecelakaan bulan September 2018 yang berjumlah

Tren Kecelakaan Lalu Lintas Kota Kupang Meningkat! Ini Penyebabnya
POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Kasat Lantas Polres Kupang Kota Iptu Rocky Junasmi SIK 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Tren kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kota Kupang, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meningkat dalam sebulan terakhir.

Pada bulan Oktober 2018, tercatat terjadi 38 kecelakaan di Kota Kupang. Angka ini meningkat 22,5% dari angka kecelakaan bulan September 2018 yang berjumlah 31 kecelakaan.

Hal ini diungkapkan Kasat Lantas Polres Kupang Kota Iptu Rocky Junaami SIK ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM pada Kamis (1/11/2018) di Mapolres Kupang Kota.

Rocky menjelaskan meski angka kecelakaan mengalami peningkatan dari bulan September namun jumlah kematian akibat kecelakaan berkurang.

"Jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan berkurang pada bulan ini (Oktober) jika dibandingkan dengan bulan lalu. Kalau bulan lalu tercatat enam korban meninggal dunia, maka bulan ini dua orang," katanya.

Sedangkan untuk korban kecelakaan yang mengalami luka berat, lanjut Rocky, pada bulan Oktober berjumlah 13 orang, menurun dari jumlah 17 orang luka berat pada bulan September 2018. Dan untuk korban kecelakaan yang mengalami luka ringan pada bulan Oktober 62 orang, terhitung meningkat dari bulan September yang hanya tercatat sebanyak 37 orang.

Lebih lanjut, Rocky juga mengatakan, untuk kerugian material akibat kecelakaan pada bulan Oktober mencapai nominal Rp 105.300.000. Meningkat 154.9 % dari kerugian material pada bulan September sebesar Rp 41.300.000.

Sedangkan untuk total kejadian kecelakaan pada tahun 2018, terhitung sejak 1 Januari hingga 31 Oktober, Rocky menyebut 367 kejadian laka dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 50 orang, luka berat 56 orang dan luka ringan 607 orang. Untuk kerugian material dari kecelakaan sepanjang tahun 2018 tercatat mencapai Rp 666.950.000.

Oleh karena itu Rocky menghimbau seluruh masyarakat yang mengendarai atau menggunakan kendaraan untuk selalu waspada dan berhati-hati agar tidak menimbulkan kecelakaan yang membawa korban. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas dan mematuhi semua peraturan lalu lintas yang berlaku.

"Kita himbau masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas dan mematuhi segala peraturan lalu lintas yang berlaku," imbuhnya. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved