Prakiraan Cuaca

Tinggi Gelombang Mencapai 2,5 Meter! Ini Imbau BMKG bagi Nelayan

Potensi tinggi gelombang itu berpotensi terjadi di perairan samudera hindia selatan NTT, Perairan Selatan Pulau Sumba, dan selat Sumba.

Tinggi Gelombang Mencapai 2,5 Meter! Ini Imbau BMKG bagi Nelayan
(REUTERS/Bobby Yip)
Gelombang tinggi mengenai pinggir pantai di Heng Fa Chuen, wilayah pemukiman dekat tepi laut, saat Topan Mangkhut melanda Hong Kong, China, Minggu (16/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU------Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memprediksi dan memberikan peringatan untuk waspada terhadap potensi angin kecang dan potensi tinggi gelombang di sejumlah perairan di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk hari ini tanggal 1 November 2018 mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 20.00 Wita.

Baca: 350 Peserta Akan Ikut Ujian Hari Pertama di Sumba Timur

Berdasarkan laporan prakiraan pihak BMKG Stasiun Meteorologi El-Tari Kupang yang dikirim melalui watsApp group Info BMKG Sumba, Kamis (1/11/2018) pagi, potensi angin kencang dan tinggi gelombang hari ini mencapai 2,5 meter.

Potensi tinggi gelombang itu berpotensi terjadi di perairan samudera hindia selatan NTT, Perairan Selatan Pulau Sumba, dan selat Sumba. Sedangkan Potensi tinggi gelombang 2.0 di selat Sape dan laut Sawu.

Baca: Kasihan! Angka Kematian Ibu di TTU Melonjak Drastis! Ini Persoalannya

Sedangkan kondisi sinoptik, umumnya angin bertiup secara variabel dari timur laut-tenggara dan dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan 1-4 skala beaufort.

Sementara itu, imbauan dari pihak BMKG melalui Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Waingapu yang juga di kirim melalui Group WatsApp Info BMKG sumba, Kamis (1/11/2018) kepada masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut mencapai 2 meter atau lebih di sekitar wilayah perairan selatan Sumba dan perairan Samudera Hidia selatan NTT.

Selain itu BMKG juga meminta agar masyarakat selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya informasi peringatan cuaca ekstrim. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved