Berita Kota Kupang Terkini

Kisah Sukses Jesika Jadi TKW di Malaysia dan Hongkong

Perjuangan Jessika Manafe, mantan TKW asal Semau Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), patut diacungi jempol.

Kisah Sukses Jesika Jadi TKW di Malaysia dan Hongkong
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Jessika Manafe di Oesapa, Kupang, Senin (29/10/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Perjuangan Jessika Manafe, mantan TKW asal Semau Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), patut diacungi jempol.

Berbekal ijazah Sekolah Dasar Jessika mengais rezeki di Malaysia dan Hong Kong demi memperbaiki ekonomi keluarga.

Kepada POS-KUPANG.COM, Senin (30/10/2018), di salah satu rumah makan di Oesapa, Kupang, Jessika menuturkan perjuangan hidupnya.

Baca: KPU dan Bawaslu TTS Serahkan Laporan Pemungutan Suara Ulang

Jessika terpaksa harus berhenti sekolah gara-gara kondisi ekonomi keluarga memburuk. Orangtuanya berprofesi sebagai petani. Dengan penghasilan seadanya, kedua orangtua Jessika susah payah menafkai enam orang anak, termasuk Jessika.

Kala itu, di era 90-an, Jessika sebenarnya bisa melanjutkan pendidikannya ke bangku SMP, kalau ia tidak mengalah dengan adiknya.

Baca: Tak Hanya Perkosa, Fransiskus Sering Palak di Pantai

"Saya waktu itu ada dalam posisi yang sulit. Kalau saya lanjut sekolah, adik saya tidak bisa sekolah, jadi saya memutuskan untuk berhenti sekolah demi adik saya," ungkap Jessika.

Putus sekolah, Jessika setiap hari bekerja di kebun bersama orangtuanya demi menopang perekonomian keluarga. Di awal tahun 2000 Jessika secara tak sengaja mendengar pengumuman di radio tentang perekrutan calon TKI ke Malaysia melalui PT Kurnia Bina Risky.

"Saat saya dengar pengumuman itu, saya tertarik untuk melamar jadi TKI. Tujuan saya hanya satu, saya ingin membahagiakan keluarga saya," ungkap Jessika.

Jessika lalu melamar ke PT tersebut yang kala itu memiliki kantor cabang di Kupang Barat, dengan bermodalkan ijazah Sekolah Dasar.

Halaman
1234
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved