Berita Ekonomi Bisnis

Minat Warga Beli Rumah Komersil Meningkat

Minat warga Kupang untuk membeli rumah komersil meningkat. Harga rumah komersil bervariasi mulai dari Rp 25 juta sampai Rp 1,5 miliar

Minat Warga Beli Rumah Komersil Meningkat
POS-KUPANG.COM/Adiana Ahmad
Gubernur NTT, Viktor Laiskodat (tengah) didampingi Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby (kanan) ketika mengunjungi arena Bank NTT-REI Expo 2018 di Lippo Plaza, Sabtu (27/10/2018) siang 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Rumah komersil yang ditawarkan berbagai tipe dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 250 juta-Rp 1,5 miliar.

Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby, ditemui saat kegiatan Bank NTT - REI Expo 2018 di Atrium Lippo Plaza Kupang, Jumat (26/10/2018) menjelaskan, penjualan rumah komersil sampai hari keenam sesuai target.

"Sudah sesuai dengan penjualan sebelumnya. Setiap pameran memang kita targetkan 5-10 persen penjualan rumah komersil dari total penjualan," kata Bobby.

Ia mengatakan, pameran bulan Juni 2018 ada 207 unit rumah terjual dengan rumah komersil 15 unit.

"Sedangkan pada pameran kali ini sampai saat ini sudah terjual 103 unit dengan sembilan unit rumah komersil atau delapan persen," kata Bobby.

Penyerapan rumah di NTT yang terbesar, kata Bobby, masih didominasi rumah subsidi karena masih didominasi PNS dan MBR. "NTT belum ada industri besar jadi daya beli masih rendah," katanya.

Direktur PT Citra Jaya Wiguna,Suwito Yongnardi,S.T yang memiliki perumahan komersil Madelina Residence, mengatakan, minat untuk rumah komersil banyak, tapi yang membeli masih sedikit.

"Biasanya mereka minta informasi dan hari terakhir baru beli atau setelah pameran," kata Yongnardi.

Uang Muka 10 Persen

Rumah komersil yang ditawarkan dalam Bank NTT REI Expo 2018 dengan harga bervariasi. Namun developer menerapkan uang muka atau down payment (DP) sebesar 10 persen.

Misalnya rumah komersil yang ditawarkan PT Dafe Graha Pratama Liliba, rumah tipe 36/72 dibanderol dengan harga Rp 325 juta dimana DP Rp 32,5 juta, jangka waktu cicilan mulai 5-20 tahun.

Besarnya cicilan ini tergantung dari waktu cicilan, semakin singkat waktu cicilan maka cicilan semakin besar. Misalnya cicilan Rp 6,5 juta per bulan untuk lima tahun hingga Rp 2,9 juta untuk 20 tahun. Ada tipe 42/88 dengan uang muka Rp 45 juta dan besarnya cicilan Rp 8,8 juta/bulan hingga Rp 3,8 juta, juga type 50/108 dengan harga Rp 550 juta dan DP Rp 55 juta dengan cicilan Rp Rp 10,8 juta hingga Rp 4,7 juta.

Staf dari PT Dafe Graha Pratama, Fernandes mengatakan selama pameran sudah terjual tiga unit rumah komersil tipe 50.

Sementara Villa Joane menawarkan hunian dua lantai di Liliba dengan harga Rp 1,5 miliar. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved