Berita Kabupaten Manggarai Timur

Ratusan Hektar Tanam Bawang Diserang Hama! Ini Langkah yang Diambil Camat Sambi Rampas !

Ratusan hektar tanaman bawang petani di Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menjelang panen pada September dan

Ratusan Hektar Tanam Bawang Diserang Hama! Ini Langkah yang Diambil Camat Sambi Rampas !
POS KUPANG.COM/ARIS NINU
Camat Sambi Rampas, Sirajudin

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-BORONG-Ratusan hektar tanaman bawang petani di Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menjelang panen pada September dan Oktober 2018 ini.

Hama yang menyerang tanaman bawang merah petani berada di Kelurahan Pota, Desa Nampar Sepang, Nanga Mbaling dan Nanga Mbaur.

Baca: KPK Cegah Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan ke Luar Negeri

Hama yang memakan tanaman bawang membuat petani tidak mendapat hasil bahkan merugi sampai puluhan juta.

Pemerintah Kecamatan Sambi Rampas sudah berkoordinasi dengan petugas petanian lapangan (PPL) guna mendata tanaman bawang merah petani agar dilaporkan kepada Pemkab Matim.

Bukan saja itu, pemerintah kecamatan minta PPL mencari jalan keluar dan solusi agar ke depan jangan ada hama yang menyerang tanaman bawang merah petani.

Camat Sambi Rampas, Sirajudin kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng, Minggu (28/10/2018) siang menjelaskan, petani bawang merah biasanya panen setiap tahun mendapat hasil sampai 10 ton.

Tetapi tahun ini, paparnya, tidak ada petani yang bisa panen.

"Semua dimakan hama seperti ular yang berwarna merah, putih dan biru. Petani sudah semprot tapi hama tetap tidak hilang. Sekarang ini petani tidak bisa panen. Bibit bawang yang dipakai petani dibeli dari Surabaya," ujar Camat Sirajudin.

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah melaporkan ke Dinas Pertanian Matim tapi belum ada penanganan.

"Kasihan petani semua jadi susah. Saya sendiri ada tanam bawang dan biasanya panen sampai 10 ton tahun ini tidak bisa panen sama sekali. Mudah-mudahan tahun depan sudah ada bibit sendiri sehingga tidak didatangkan dari luar daerah," ujar Camat Sirajudin.

Ia mengatakan, tahun depan ada persemaian bibit bawang merah di Sambi Rampas agar petani tidak kesulitan cari bibit bawang.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved