Berita Kabupaten Ende Terkini

KPU Ende Siapkan 4.627 Kotak Suara untuk Pemilu

kotak suara yang ada akan disebarkan di 879 TPS di seluruh Kabupaten Ende dengan perhitungan masing-masing TPS ada 5 kotak

KPU Ende Siapkan 4.627 Kotak Suara untuk Pemilu
POS KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Anggota KPU ende, Bonefasius wadhi

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende menyiapkan 4.627 kotak suara untuk pelaksanaan Pemilu baik itu Pemilu Legislatif maupun Pilpres dan DPD yang akan digelar secara serentak di seluruh Kabupaten Ende.

Baca: Jemila Diduga Diculik! Ditemukan Tak Bernyawa di Tepi Sungai

Anggota KPU Kabupaten Ende, Bonefasius Wadhi mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Jumat (26/10/2018) di Ende.

Bonefasius mengatakan, kotak suara yang ada akan disebarkan di 879 TPS di seluruh Kabupaten Ende dengan perhitungan masing-masing TPS ada 5 kotak suara sehingga total kotak suara di TPS ada 4.395 serta di 21 PPK ada 231 kotak masing-masing PPK 11 kotak dan di KPU ada 1 kotak.

Bonefasius yang membidangi logistik ini mengatakan bahwa kotak suara yang ada memang belum tiba di Ende masih dalam proses tender oleh KPU pusat dan akan segera dikirim ke KPU Kabupaten Ende sebagai persiapan menghadapi pelaksanaan Pemilu.

Tentang kotak suara yang ada jelas Bonefasius untuk Pemilu kali ini kotak suaranya berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena kali ini bahannya menggunakan kardus sedangkan kalau Pemilu sebelummya terbuat dari almunium.

Menurut Bonefasius pihaknya sudah melihat kotak suara yang akan digunakan dalam Pemilu kali ini karena terasa lebih ringan dan juga sederhana namun dapat dipastikan bahwa keberadaan kotak suara tidak akan mempengaruhi jalannya Pemilu.

“Kotak suaranya transparan sehingga dengan demikian kita bisa melihat kretas suara yang ada didalam kotak tersebut,”kata Bonefasius.

Kotak suara yang ada ujar Bonefasius setelah diamati ternyata memang sangat cocok dengan kondisi geogrfis Kabupaten Ende karena terasa lebih ringan ketika hendak dipikul maka apabila dibawa ke tempat pemungutan suara rasanya lebih ringan dibandingkan dengan kotak suara sebelumnya yang menggunakan almunium.

Bonefasius mengatakan bahwa kotak suara yang ada sifatnya habis pakai yang artinya setelah dipakai bahan tersebut tidak akan dipergunakan lagi serta akan dilelang bagi yang membutuhkannya. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved