Berita NTT Terkini

Seluruh Pensiunan Wajib Daftar Ulang Identitas Diri, Mulai Berlaku 1 November 2018

PT Taspen mewajibkan para penerima pensiun yang dikelola PT Taspen, baik pensiun sendiri atau janda/duda dan pensiun yatim piatu

Seluruh Pensiunan Wajib Daftar Ulang Identitas Diri, Mulai Berlaku 1 November 2018
POS-KUPANG.COM/Adiana Ahmad
Kepala Kantor PT Taspen Cabang Kupang, Suwartono 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | KUPANG - PT Taspen mewajibkan para penerima pensiun yang dikelola PT Taspen, baik pensiun sendiri atau janda/duda dan pensiun yatim piatu untuk melakukan pendaftaran ulang identitas pensiun atau enrollment.

Pendaftaran ulang dilakukan serentak di tempat-tempat pembayaran pensiun dalam wilayah kerja PT Taspen (Persero) Cabang Kupang per 1 November 2018.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor PT Taspen Cabang Kupang, Suwartono, ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/10/2018).

Baca: Hari Ini Bapekdiklat TTU Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS

Suwartono menjelaskan, pendaftaran ulang ini berkaitan dengan penerbitan kartu pintar Taspen atau Smart Card pada tahun 2019 sebagai pengganti Kartu Identitas Penerima Pensiun (KARIP).

Khusus penerima pensiun pertama, kata Suwartono, kegiatan enrollment atau pendaftaran ulang dilaksanakan di Kantor PT. Taspen (Persero) Cabang Kupang.

Baca: Pangdam IX Udayana Mayjen Benny Susianto Sebut Kapolda NTT Irjen Pol Raja Erizman dengan Kakanda

Suwartono mengatakan, bagi penerima pensiun yang sakit dan sangat tidak mungkin untuk melakukan pendaftaran ulang di tempat bayar pensiun, pendaftaran ulang akan dilakukan di tempat tinggal sesuai domisili oleh petugas enrollment (kunjungan nasabah).

Suwartono mengungkapkan, para penerima pensiun yang melakukan pendaftaran ulang cukup membawa KTP, KARIP (Kartu identitas pensiunan) dan buku rekening.

Dikatakan Suwartono, dalam proses enrollment dilakukan perekaman suara, foto wajah dan sidik jari.

"Data-data itu dikirim ke PT.Taspen untuk penerbitan Smart Card. Smart Card selanjutnya di kirim ke mitra bayar untuk dibagikan ke penerima pensiun," jelas Suwartono.

Suwartono mengatakan, bagi penerima pensiun yang sudah pernah melakukan pendaftaran ulang di Kantor Taspen, tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang.

Suwartono menyebut, penerbitan Smart Card sebagai pengganti KARIP merupakan lompatan layanan dari manual ke digital.

"Smart Card bisa digunakan sebagai ATM, kartu diskon di pusat perbelanjaan yangditunjuk PT Taspen dan pembelian tiket pesawat di perusahaan penerbangan yang bekerja sama dengan PT Taspen," katanya.

Kemudahan lainnya, dengan Smart Card pensiunan tidak lagi wajib autentinkasi melalui buku tabungan atau pengambilan uang di kantor bayar pensiun.

"Harapan kita semua pensiunan wajib melakukan pendaftaran ulang pada kantor bayar pensiun. Kalau sakit tinggal memberitahukan ke kantor bayar untuk dilakukan pendaftaran ulang di rumah. Petugas dari kantor bayar yang akan mendatangi pensiunan atau memberikan layanan kunjungan nasabah," demikian Suwartono. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved