Berita Kabupaten Belu Terkini

Moratorium Jadi Kebijakan Positif untuk Berantas Masalah TKI

Kalau pak Gubernur sudah buat kebijakan seperti itu, kita melaksanakan. Saya rasa itu positif demi mengatasi masalah TKI di

Moratorium Jadi Kebijakan Positif untuk Berantas Masalah TKI
POS KUPANG/EDY BAU
Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA---Kebijakan Gubernur NTT yang melakukan moratorium pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari NTT ke luar negeri merupakan kebijakan positif demi mengatasi masalah TKI yang sering terjadi selama ini.

Baca: Sekda NTT! Satpol PP Bukang Tukang Gusur dan Tangkap

Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Belu tidak bisa menentang kebijakan pemerintah lebih tinggi.

"Kalau pak Gubernur sudah buat kebijakan seperti itu, kita melaksanakan. Saya rasa itu positif demi mengatasi masalah TKI di NTT," kata Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan saat dikonfirmasi, Rabu (24/10/2018).

Menurut Ose Luan, persoalan yang sering dialami TKI selama ini karena keberangkatan TKI tidak prosedural. Tenaga kerja berkeinginan untuk kerja di luar negeri namun tidak mengurus dokumen secara resmi sehingga hal ini menjadi persoalan. TKI lebih memilih jalan pintas dibandingkan mengurus dokumen resmi.

"Kelemahan orang kita kan tidak mau capai-capai. Mau yang instans saja. Kalau mau ikut atutan pasti banyak persyaratan. Terus masih ada calo-calo yang merekrut dengan iming-iming pendapatan yang besar," kata Ose Luan.

Selain itu, lanjut Ose Luan, banyak masyarakat bekerja ke luar negeri bukan karena kemauan sendiri tetapi karena dicari oleh calo-calo dengan memberi jaminan. Kemudian, perekrut ilegal memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat seperti mengurus dokumen, biaya perjalanan dan kemudahan lainnya.

Padahal, Pemerintah Kabupaten Belu dan lembaga-lembaga lainnya sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan pemerintah memghimbau kepada masyarakat yang hendak bekerja ke luar daerah dan ke luar negeri agar mengurus dokumen yang resmi. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved