Berita Kabupaten TTU

Tahun Ini Pemda TTU Bangun Tiga Puskesmas Baru

tiga puskesmas baru yang dibangun pada tahun 2018 tersebar di tiga kecamatan diantaranya Kecamatan Noemuti, Biboki Moenleu, dan Biboki

Tahun Ini Pemda TTU Bangun Tiga Puskesmas Baru
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI/
Puskesmas Kaubele saat sedang di renovasi. Gambar diambil, Sabtu (6/10/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melalui Dinas Kesehatan Kabupaten TTU pada tahun anggaran 2018 membangun tiga unit puskesmas di daerah tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU dr. Zakarias M. E. Fernandes saat ditemui Pos Kupang di ruang kerjannya, Selasa (23/10/2018) siang.

Zakarias menyatakan, tiga puskesmas baru yang dibangun pada tahun 2018 tersebar di tiga kecamatan diantaranya Kecamatan Noemuti, Biboki Moenleu, dan Biboki Selatan.

Baca: Janda Tewas Tanpa Busana! Sang Pelaku Ungkap Motif Pembunuhannya, Kami Sudah Berhubungan 3 Tahun

"Tahun ini kita bangun puskesmas baru ada tiga. Puskesmas Oemeu, Puskesma Kaubele, dan Puskesmas Manfui. Itu yang dibangun renovasi berat," ungkap Zakarias.

Selain membangun tiga unit puskemas baru, tambah Zakarias, pada tahun 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten TTU juga melakukan renovasi dengan membangun tambahan ruangan di beberapa puskemas.

"Kita juga akan bangun tambahan ruangan diantaranya puskesmas Mamsena, Puskesmas Oelolo, dan Puskesmas Nunpene," ungkapnya.

dr. Zakarias mengatakan, pada tahun ini, pengerjaan fisik tiga proyek tersebut tidak mengalami kendala yang berarti. Hal itu karena proses pengerjaan sudah dilakukan sejak awal.

Baca: Tarif Dobel! Penumpang Keberatan Turun di Terminal Weekarou

"Tahun ini pasti lancar semua karena kita bergerak diawal dan sampai hari ini juga progres pengerjaannya diatas 50 persen, ada yang diatas 75 persen dan bahkan ada yang satu dua minggu ini sudah dapat diserahterimakan," ungkapnya.

dr. Zakarias menambahkan, progres pengerjaan fisik tahun 2018 ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tahun lalu. Menurutnya, banyak kendala yang dihadapi pada tahun lalu karena penetapan gambar prototipe dilakukan pada pertemgahan april tahun lalu.

"Yang berpengaruh pada proses tender dan penentuan konsultan perencanaan memakan waktu, kemudian produknya sendiri sehingga pengerjaan fisik baru bisa dilakukan pada awal agustus," tambahnya.

dr. Zakarias menjelaskan, dua puskesmas sudah dapat diselesaikan dan diserah terimakan satu atau dua minggu kedepan. Dua puskesmas itu yakni Puskesmas Manufui, dan Kaubele.

"Kalau di Puskesmas Manufui satu dua minggu ini sudah dapat dilakukan PHO. Kalau Puskemas Kuebele paling lambat sekitar sutu atau dua minggu lagi di PHO," ujarnya.

dr. Zakarias menambahkan, tiga puskesmas yang dibangun oleh Dinas Kesehatan Kabupaten TTU dengan tipe sesuai dengan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014.

"Jadi anggaran untuk membangun masing-masing puskesmas itu per unit sebesar satu miliar lebih," ungkapnya. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved